Breaking News

Begini Modus Mahasiswa Tipu Ratusan Wanita untuk Lakukan VCS


D'On, Nunukan (Kaltara),-
Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Nunukan, Kalimantan Utara, terus mengembangkan penyidikan kasus mahasiswa di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, yang sukses menipu ratusan wanita untuk melakukan video call seks (VCS).

Dari hasil pemeriksaan sementara, terungkap modus yang dilakukan mahasiswa tersebut untuk menggaet korbannya adalah dengan menggunakan foto profil palsu pada akun Instagramnya. Selanjutnya, tersangka RK mengirimkan pesan atau direct message kepada pengguna Instagram secara acak untuk kemudian mengarahkan mereka melanjutkan percakapan melalui pesan WhatsApp.

Mahasiswa berinisial RK yang berusia 21 tahun itu tak dapat berkutik saat beberapa personel polisi dari Unit Tipidter Satreskrim Polres Nunukan menemukan barang bukti berupa satu buah handphone yang sengaja dipendam di dalam tanah oleh tersangka. Dari barang bukti tersebut, polisi akhirnya menemukan ratusan bukti berupa file video rekaman layar saat tersangka RK melakukan VCS dengan ratusan wanita yang berbeda-beda.

Kanit Tipidter Satreskrim Polres Nunukan, Ipda Andre Azmi Azhari, mengatakan mahasiswa semester empat itu berhasil ditangkap di Pulau Sebatik. Penangkapan tersebut merupakan hasil tracking dari akun media sosial milik tersangka.

"Pelaku ini menggunakan akun Instagram dan fotonya bukan foto asli pelaku. Pelaku dalam menjaring korban memilih secara acak dari following-nya. Setelah korban di-DM oleh pelaku, mereka diarahkan ke WhatsApp," ungkap Andre, Minggu (9/7/2023). 

Berdasarkan pengakuan tersangka RK, wanita yang menjadi korban berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pegawai, ibu rumah tangga, hingga janda. Banyaknya jumlah wanita yang menjadi korban VCS tidak terlepas dari penggunaan foto profil palsu dan keahlian RK membujuk korban untuk menuruti permintaannya melakukan VCS. 

"Dari WhatsApp tersebut terjadi percakapan yang terus berlanjut. Rayuan maut dari pelaku membuat korban akhirnya mau melakukan VCS," ungkap Andre. 



(B1)

#Asusila #Kriminal #Nunukan #KalimantanUtara #VCS