Breaking News

Hujan Deras Landa Kota Padang, Seluruh Kawasan Diterjang Banjir dan Longsor


D'On, Padang (Sumbar),-
Hujan deras melanda sebagian besar kawasan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sejak Kamis (13/7) malam hingga Jumat (14/7) dini hari.

Pantauan dilapangan beberapa kawasan yang terendam banjir. Seperti kawasan Rumah Tigo Ruang, Kecamatan Kuranji, Kawasan Jondul Rawang, Kecamatan Padang Selatan, serta Kecamatan Padang Timur.

Hingga pukul 02.50 WIB hujan masih menguyur Kota Padang.

Bukan hanya dikawasan tersebut banjir juga menggenangi jalan-jalan di Kota Padang, menyebabkan banyak kendaraan terjebak banjir. Di shelter kereta api Pasar Alai, Padang misalnya, pada Jumat (14/7/2023) dini hari terpantau puluhan kendaraan terjebak banjir.

Mulai dari arah pasar Alai dan Ampang menuju bypass, banjir tergenang setinggi paha. Diarah sebaliknya, daerah sekitaran Masjid Raya Sumbar, Jl. Khatib, Jl. Sulaiman, sampai pada Jl. Rasuna Said juga tertutup Banjir


Pantauan di lapangan, dari simpang Alai menuju Kelurahan Jati pun susah untuk dilewati. Maupun ke arah Gunung Pangilun. Beberapa kendaraan yang mencoba menerjang banjir pun terlihat mogok.

Terlihat, masyarakat yang menggunakan sepeda motor terpaksa mendorong kendaraannya yang mati akibat banjir

Di shelter kereta api Alai, terlihat jalanan sudah dipenuhi oleh banyak mobil yang terjebak. Pemuda dan warga sekitarpun berjibaku menolong pengguna kendaraan yang terjebak.

Salah seorang pemuda menuturkan banjir sudah menggenang sejak pukul 01.30 WIB. Hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda air akan surut. Bahkan di arah simpang alai menuju Gunung Pangilun, banjir telah merendam banyak rumah warga.

Berdasarkan laporan yang dihimpun Langgam.id, hampir seluruh ruas jalan lainnya di Kota Padang juga tertutup banjir. Seperti di Lubuk Begalung, Tunggul Hitam, Bandar Purus.

Sementara akses jalan baru menuju pantai air manis juga terjadi longsor, akibatnya akses jalan warga terputus. Dari pantauan dilapangan belum ada dari pihak terkait membersihkan jalan tersebut.

Sebelumnya BMKG memperkirakan hujan deras yang mengguyur Kota Padang masih akan terjadi hingga Jum'at pagi. Dihimbau warga Padang untuk berhati-hati jika ingin berkendara keluar rumah hingga banjir surut. 


(Mond)



#Banjir #Hujanderas #padang #sumbar