Breaking News

Miris! Siswa SDN 23 Lolong Padang Cuma 2 Orang

Siswa Baru SDN 23 Lolong Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Kondisi yang memprihatinkan terjadi di SDN 23 Lolong, Kota Padang, Sumatera Barat, di mana jumlah peserta didik baru hanya berjumlah dua orang. Penurunan jumlah peserta didik ini telah terjadi sejak tahun 2010 dan semakin berkurang dari tahun ke tahun.

Meskipun proses pembelajaran untuk tahun ajaran 2023/2024 telah dimulai, namun masih terdapat sekolah yang mengalami kekurangan peserta didik.

Hal yang menarik adalah kekurangan peserta didik ini tidak hanya terjadi di daerah pedesaan, tetapi juga terjadi di pusat Kota Padang. Salah satunya terlihat di SDN 23 yang berlokasi di belakang Taman Makam Pahlawan S.Parman, Kota Padang.

Kepala Sekolah SDN 23 Lolong, Padang, Riri Okdayani, Rabu (12/7/2023), mengungkapkan bahwa hanya terdapat 2 siswa yang diterima melalui jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD. Saat ini, terdapat tiga murid di kelas, satu di antaranya merupakan siswa yang tinggal sekolah sementara dua siswa lainnya adalah peserta didik baru. Bahkan, pihak sekolah harus melakukan kontak telepon untuk memastikan kedua siswa tersebut datang ke sekolah.

Riri Okdayani menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebab kurangnya peserta didik yang mendaftar di sekolahnya adalah karena adanya dua SDN lain yang berlokasi tidak jauh dari SDN 23 Lolong, seperti SDN 15 dan SDN 11. Hal ini membuat warga sekitar lebih memilih mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah-sekolah tersebut.

Selain itu, pembangunan jalan lingkar barat di sepanjang Pantai Padang juga menyebabkan sebagian warga yang tinggal di dekat pantai di belakang Makam Pahlawan Lolong memutuskan untuk pindah ke daerah lain.

"Saat ini, jumlah siswa yang bersekolah di SDN 23 Lolong sebanyak 51 orang, dengan jumlah guru sebanyak 11 orang. Dalam setiap rombongan belajar (rombel), jumlah siswanya biasanya sekitar 28 orang. Dengan jumlah siswa yang sedikit, kami harus menerapkan metode pembelajaran privat," ungkap Riri Okdayani.

Riri Okdayani juga meminta perhatian dari pemerintah Kota Padang terkait kondisi ini, mengingat setiap tahun jumlah peserta didik baru semakin berkurang.


(*)

#PPDB #Pendidikan #Padang #Sumbar #SiswaBaru #SDN23Lolong