Breaking News

5 Ciri-ciri Asam Urat yang Bisa Menyerang Usia Muda, Nomor 4 Alami Kemerahan

Ilustrasi asam urat

Dirgantaraonline.co.id,-
Beragam ciri-ciri asam urat yang bisa menyerang usia muda dan perlu diperhatikan. Berdasarkan penelitian tahun 2020 di Jepang kepada 697 ribu remaja usia 0-18 tahun, ditemukan 0,007% remaja mengalami asam urat.

Secara keseluruhan sangat sulit menemukan anak usia muda dengan asam urat. Penelitian menunjukan umumnya asam urat terjadi saat lahir dan bertambah buruk seiring bertambahnya usia.

Kenali ciri-ciri asam urat yang bisa menyerang usia muda berikut melansir Medical News Today, Selasa (29/8/2023):

1. Pembengkakan

Asam urat adalah sejenis radang sendi di mana kristal kecil terbentuk di dalam dan sekitar sendi. Ini menyebabkan serangan nyeri hebat dan bengkak secara tiba-tiba. Pembengkakan pada sendi biasanya terjadi pada jari tangan, kaki, atau lutut.

Kondisi ini terutama menyerang pria berusia di atas 30 tahun dan wanita setelah menopause. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak usia muda.

2. Nyeri Sendi

Fase asam urat terbagi menjadi tiga yakni nyeri sendi dan bengkak, terjadi serangan akut, dan kekakuan akibat tidak mendapat pengobatan optimal selama bertahun-tahun. Kekakuan terjadi karena persendian mengalami kerusakan. Remaja usia muda yang mengalami asam urat mungkin tidak dapat menggerakan persendiannya.

3. Sensasi Panas pada Persendian

Salah satu ciri asam urat pada usia muda adalah persendian terasa hangat cenderung panas. Sensasi panas ini umumnya disertai pembengkakan, nyeri, dan kemerahan pada area yang terkena penyakit.

4. Kemerahan pada Persendian

Ciri selanjutnya yaitu kemerahan pada persendian. Anak berusia muda mungkin mendapati sendi yang terkena asam urat memerah. Umumnya kemerahan terjadi karena penumpukan kristal asam urat di persendian yang meradang.

5. Serangan Nyeri Sangat Parah

Penderita asam urat usia muda sering mengalami serangan nyeri yang sangat parah. Serangan nyeri biasanya terjadi secara tiba-tiba pada malam hari.

Rasa nyeri sangat intens terjadi saat melakukan aktivitas. Serangan nyeri terjadi karena kristalisasi purin yang menumpuk dan menyebabkan peradangan akut.

Demikian ciri-ciri asam urat yang bisa menyerang usia muda.

(RINI)

#AsamUrat #Kesehatan #Global