Breaking News

5 Kontroversi Miss Universe Indonesia 2023 terkait Pelecehan Seksual Terkait Foto Telanjang Finalis

PT Capella Swastika Karya selaku event organizer (EO) Miss Universe Indonesia 2023 resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya Senin, 7 Agustus 2023 terkait dugaan pelecehan seksual yang dialami peserta kontes

D'On, Jakarta,-
Kontes kecantikan Miss Universe telah sukses diselenggarakan. Gelar Miss Universe Indonesia 2023 berhasil diraih oleh Fabienne Nicole Groeneveld, perwakilan dari Jakarta, dalam malam final yang digelar di Beach City International Stadium, Jakarta, pada Kamis, 3 Agustus 2023. Namun, setelah kemenangan ini, muncul kontroversi yang melibatkan ajang Miss Universe Indonesia.

Isu viral terkait pemeriksaan tubuh tanpa busana telah mengakibatkan sejumlah finalis Miss Universe Indonesia 2023 melaporkan organisasi pageant tersebut kepada pihak berwajib terkait insiden tersebut. Para finalis mengungkapkan bahwa dalam proses pemeriksaan tubuh, mereka diminta untuk tampil tanpa busana untuk kemudian difoto.

Akan tetapi, nyatanya masalah tidak sampai di situ. Berikut adalah deretan kontroversi yang terjadi setelah Miss Universe 2023 selesai diselenggarakan.

1. Unggahan Instagram Story National Director Miss Universe Indonesia

Sebelumnya, isu kontroversial muncul di media sosial mengenai dugaan bahwa finalis Miss Universe Indonesia 2023 diminta untuk tampil tanpa busana saat menjalani pemeriksaan tubuh.

Isu ini pertama kali tersebar melalui unggahan Instagram Story oleh Sally Giovany, yang menjabat sebagai National Director Miss Universe Indonesia wilayah Bali. Unggahan tersebut diunggah oleh Sally dengan menunjukkan tangkapan layar percakapan dari aplikasi WhatsApp antara dirinya dan Rizky Ananda, seorang National Director Miss Universe Indonesia wilayah Jawa Barat.

Selamat sore, saya dapat kabar anak2 body check disuruh telanjang, tapi difoto. Apa diperbolehkan? Ini melanggar aturan lho. Kalau ternyata disebarluaskan bagaimana? Kami Jabar juga ada body check tapi tidak foto mereka,” tulis dalam tangkapan layar dalam Instagram Story Sally Giovanny.

Unggahan yang awalnya diposting oleh Sally kini telah menyebar luas di berbagai akun Instagram yang dikhususkan untuk para pecinta kontes kecantikan atau pageant lovers. Bahkan, Rizky Ananda Musa ikut membagikan kembali unggahan tersebut.

Pada unggahan yang dibagikan oleh Rizky Ananda Musa, ia dengan tegas mengklarifikasi bahwa ia beserta timnya telah menjalankan pemeriksaan tubuh para peserta Miss Universe Indonesia dengan benar. Ia menegaskan bahwa mereka tidak pernah meminta para peserta untuk tampil tanpa busana atau melakukan pemotretan telanjang.

2. CEO dan Direktur Visual Miss Universe Indonesia Mengundurkan Diri

CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang, dan Direktur Visual, Rio Motret, telah mengambil keputusan untuk mengundurkan diri. Pengumuman ini mereka sampaikan melalui postingan di akun Instagram pribadi masing-masing.

Eldwen Wang, yang lebih dikenal sebagai Wang Jin Seok, mengungkapkan bahwa ia mengundurkan diri dari jabatannya untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota kelahirannya, Surabaya.

Suatu kehormatan bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya. Saya meminta maaf sebelumnya, saya harus mengambil keputusan untuk fokus pada karier dan pekerjaan sebelumnya di kota asal saya,” dikutip dari laman Instagram pribadi Eldwen Wang yang ditulis dalam bahasa Inggris pada Minggu (6/8/2023).

Tidak berhenti di situ, Fotografer dan Direktur Visual Miss Universe Indonesia, yaitu Rio Wibowo, juga memutuskan untuk mengundurkan diri.

Halo, saya Riomotret dan melalui kesempatan ini, saya hanya ingin memberitahu kalian bahwa perjalanan saya dengan Miss Universe Indonesia telah berakhir. Namun, saya harus mengucapkan selamat tinggal pada Miss Universe Indonesia agar saya dapat lebih fokus pada proyek-proyek saya yang akan datang,” tulisnya di akun Instagram pribadi Rio Wibowo pada Minggu (6/8/2023).

3. Klarifikasi Miss Universe Indonesia

Poppy Capella, sang National Director dan Pemilik Organisasi Miss Universe Indonesia, akhirnya memberikan klarifikasi. Pernyataan ini diberikan oleh National Director Miss Universe Indonesia melalui akun resmi Instagram Miss Universe Indonesia.

Pada pernyataan tersebut, Poppy Capella menjelaskan bahwa aturan terkait persyaratan tinggi badan telah dihilangkan oleh pihak penyelenggara.

Sebagai Direktur Nasional Miss Universe Indonesia, saya ingin menyampaikan perubahan yang signifikan dalam pedoman kompetisi tahun ini karena, direktur provinsi kami, yang telah menyelenggarakan kompetisi mereka pada tahap awal, memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan tinggi minimum sebelumnya,” tulis keterangan dalam laman Instagram Miss Universe pada Senin, (7/8/2023).

Acara-acara ini diselenggarakan dengan itikad baik, dan tidak adil untuk mendiskualifikasi pemenangnya berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak penting. Untuk menjunjung tinggi integritas kompetisi lokal kami dan untuk menampung semua pemenang dari tingkat provinsi. Saya telah memutuskan untuk menghapus ketinggian minimum,” tulisnya.

Adanya klarifikasi ini membuat netizen membanjiri komentar dalam unggahan tersebut. Netizen heran karena perubahan aturan diumumkan setelah isu-isu tersebut menjadi perbincangan di kalangan publik.

4. Eldwen Wang dan Rio Motret Ungkap Kekecewaan

Eldwen Wang, mantan CEO, dan Rio Motret, Direktur Visual sebelumnya, mengekspresikan rasa kekecewaan mereka terhadap Poppy Capella, yang saat ini menjabat sebagai National Director Miss Universe Indonesia.

Situasi ini timbul setelah Poppy Capella mengungkapkan pendapatnya mengenai tuduhan bahwa finalis Miss Universe Indonesia 2023 telah difoto tanpa busana. Melalui unggahan di Insta Story pada Senin, 7 Agustus 2023, Rio Motret mengekspresikan rasa kesalnya. Walaupun tanpa menyebut secara langsung nama Poppy Capella, pesan tersebut dengan jelas ditujukan kepadanya.

Pada unggahan tersebut Rio Motret menuliskan amarahnya kepada Poppy.

Jangan mancing saya utk (untuk) speak up ttg (tentang) keboborkan (kebobrokan) anda ya selama ini, harusnya anda ngaca kenapa smua (semua) pada pergi meninggalkan anda,” tulisnya pada Instagram Story Rio Motret.

Unggahan ini pun di-repost oleh Eldwen Wang sebagai ungkapan rasa kecewa.

Ia juga merasa bahwa dirinya telah menjadi sasaran fitnah dalam kasus dugaan pelecehan terhadap peserta Miss Universe Indonesia 2023. Ia dengan tegas menyatakan bahwa kejadian dugaan pelecehan tersebut memang benar-benar terjadi.

Hahahahha mo coba fitnah saya yah ke wartawan2 sayangnya chat anda itu di kasi liat ke kita tadi, berusaha menggiring opini dan black campaign di belakang kita? Tenang orang baik slalu (selalu) dibukakan jalan!!” ungkapnya di Instagram Story.

5. Sejumlah Finalis Laporkan ke Pihak Berwajib

Senin 7 Agustus 2023, sejumlah kontestan Miss Universe Indonesia 2023, didampingi oleh tim penasihat hukum Mellisa Anggraini, mengajukan laporan ke Polda Metro Jaya.

Pengacara Melissa Anggraini menjelaskan bahwa ada sekitar 10 finalis yang memutuskan untuk melaporkan insiden tersebut dengan tuduhan pelecehan seksual. Mereka menganggap bahwa tindakan tersebut merendahkan mereka dan menjadikan para finalis sebagai objek dalam ajang kecantikan.

Dalam laporan tersebut, dijelaskan bahwa sejumlah finalis mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan. Mereka diminta untuk menjalani pemeriksaan tubuh tanpa busana dalam proses fitting. Hal ini dianggap tidak pantas, karena sebelumnya mereka tidak diberi informasi tentang hal tersebut dan pemeriksaan dilakukan dengan cara yang tidak senonoh.

Jadi itu dia kontroversi setelah Miss Universe Indonesia 2023 usai diselenggarakan.


(*)

#PelecehanSeksual #MissUniverseIndonesia #MissUniverse