Breaking News

Daftar Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan Lengkap

Ilustrasi 

D'On, Jakarta,-
Kabar pendaftaran CPNS 2023 dibuka bulan September meningkatkan minat masyarakat yang sudah lama menantikan pembukaan lowongan CPNS. Formasi CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan menjadi sesuatu yang dinantikan banyak orang.

Pemerintah mengumumkan ada setidaknya 11 formasi CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan. Kesebelas formasi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Analis Kebijakan
2. Auditor
3. Penggerak Swadaya Masyarakat
4. Peneliti
5. Penyuluh Sosial
6. Pemeriksa
7. Perekayasa
8. Pekerja Sosial
9. Widyaiswara
10. Pengawas Penyeleggara Urusan Pemerintahan Daerah
11. Perencana

Kebijakan formasi CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan sudah ada sejak pembukaan lowongan CPNS tahun 2014. Formasi untuk semua jurusan ini dapat menampung sebanyak lima persen dari keseluruhan formasi. 

Kuota perekrutan ASN 2023

Perekrutan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) meliputi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dijadwalkan akan dimulai September 2023. Rincian kuotanya untuk instansi pemerintah dan instansi daerah adalah sebagai berikut.

1. Penempatan di instansi pemerintah pusat
CPNS : 28.903 formasi
PPPK : 49.995 formasi

2. Penempatan di instansi pemerintah daerah
PPPK guru : 296.084 formasi
PPPK tenaga kesehatan : 154.724 formasi
PPPK teknis : 42.826 formasi.

Jabatan yang disiapkan untuk semua jurusan

Penting untuk diketahui bahwa formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan dibuka untuk jabatan bidang birokrasi. Hal itu karena jabatan bidang birokrasi dapat dikerjakan oleh semua orang dari berbagai jurusan. 

Pekerjaan di bidang birokrasi tidak membutuhkan banyak adaptasi. Setiap orang pasti bisa mengatasi jabatan yang berhubungan dengan pelayanan publik, itu karena jabatan ini tidak membutuhkan kemampuan spesifik seperti dokter, hakim, jaksa atau bidang keperawatan. Oleh karenanya, tidak ada jurusan khusus yang disebutkan untuk jabatan bidang birokrasi atau layanan publik ini.

Maka, bagi kamu yang berminat untuk mengisi lowongan lulusan S1 semua jurusan harus dapat bersiap dengan jabatan pelayanan publik.  Pemerintah percaya bahwa banyak sumber daya manusia berkualitas yang dapat mengambil posisi tersebut dan meningkatkan kualitas layanan publik. 

Proses seleksi dokumen persyaratan CPNS nantinya dilakukan secara online, melalui situs sscasn.bkn.go.id. Proses seleksi CPNS akan melalui tiga tahap, antara lain seleksi administrasi dilaksanakan secara online, seleksi komputer dasar, dan seleksi kompetensi bidang. 

Demikian itu informasi formasi CPNS 2023 untuk lulusan S1 semua jurusan. Dikarenakan jadwal pendafartaran sudah semakin dekat, kamu bisa mempersiapkan dokumen persyaratan sejak sekarang. 


(*)

#CPNS #Nasional