Breaking News

Ini Doa Berangkat Kerja, Amalan untuk Menjemput Rejeki

Ilustrasi Berdoa

Dirgantaraonline.co.id,-
Bagi sebagian orang, pagi hari merupakan waktu untuk menjemput rejeki dengan bekerja. Sebelum melakukan aktivitas tersebut, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa berangkat kerja.

Umat Islam meyakini bahwa doa yang dibaca sebelum bekerja adalah cara untuk mendapatkan keberkahan dari Allah. Hal ini tentunya selaras dengan banyaknya hadis Rasulullah yang menganjurkan untuk berdoa ketika melakukan suatu kegiatan.

Dalam banyak hadis, Nabi Muhammad ﷺ mendorong umatnya untuk selalu memulai segala sesuatu dengan menyebut nama Allah dan memohon berkah-Nya. Pentingnya berdoa bahkan disinggung dalam salah satu hadis Nabi berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ إِذَا دَعَانِي

Artinya: "Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, "Allah 'Azza wa Jalla berfirman: 'Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku terhadap-ku, Aku akan bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku." (HR. Muslim)

Setelah mengetahui pentingnya berdoa dalam setiap kegiatan, berikut doa berangkat kerja yang bisa diamalkan oleh umat Islam. Doa ini berisi harapan agar setiap langkah dalam bekerja menghantarkan diri dalam kebaikan.

Doa Sebelum Berangkat Kerja

Teks Arab:

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Arab latin: Allahumma innii as'aluka min fadhlika wa athaa'ika rizqan thayyiban mubaarakan. Allahumma innaka amarta biddu'aa'i wa qadlaita ‘alayya nafsaka bil istijaabah wa anta laa tukhlifu wa'daka wa laa tukadzzibu ahdaka. Allahumma ma ahbabta min khairin fa habbibhu ilaina wa yassirhu lanaa wa maa karahta min syaiin fa karihhu ilaina, wa jannibnaahu wa laa tunzi' annal islaam ba'da iz a'thaitanaa.

Artinya :"Wahai Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaan dan pemberian-Mu, rizki yang baik lagi berkah. Wahai Allah sesungguhnya Engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan kepadaku pengabulan doa, dan Engkau adalah Zat yang tidak melanggar janji dan tidak mengingkarinya. Wahai Allah, tidak ada kebaikan yang Engkau sukai, kecuali Engkau jadikanlah kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami untuk meraihnya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan.”

Doa Berangkat Kerja

Teks Arab

بِسْمِ اللَّهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِينِي، اللَّهُمَّ رَضِّنِي بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا قُدِّرَ لِي حَتَّى لا أُحِبَّ تَعْجِيلَ مَا أَخَّرْتَ، وَلا تَأْخِيرَ مَا عَجَّلْتَ

Arab latin: Bismillahi ala nafsii wa maalii wa diinii. Allahumma Raddlinii bi qadlaa'ika, wa baarik lii fiimaa quddira lii hattaa laa uhibba ta’jiila maa akhkharta wa laa ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah atas diriku, hartaku serta agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang ridha untuk menerima ketetapan-Mu. Berkahilah untukku atas rezeki yang Engkau tentukan, sehingga aku tidak tergesa meminta sesuatu kepada-Mu yang Engkau akhirkan, ataupun mengakhirkan sesuatu yang Engkau hendak percepat."

Demikianlah doa sebelum berangkat kerja, semoga bermanfaat!


(Rini)

#DoaBerangkatKerja #Doa #Religi #global