Breaking News

Kemenag Bantu Pemko Padang Pecahkan Problema Sosial


D'On, Padang (Sumbar),-
Menunjang program pemerintah dalam pemecahan problema sosial yang ada, Kementerian Agama Kota Padang membuat program Bimbing Umat Agar Terwujudnya Keluarga Sakinah Masyarakat Harmonis (Buat Kesan Manis).

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Edi Oktafiandi, saat Penandatanganan MoU antara Kemenang Kota Padang dengan TP PKK Kota Padang di Palanta, Rumah Dinas Wali Kota, Senin (14/8/2023). 

"Kita punya 'Buat Kesan Manis' untuk mengatasi problema sosial di tengah masyarakat," ujarnya. 

Lebih jauh Edi Oktafiandi mengatakan, adapun lima bentuk program hasil rembug Kemenang Kota Padang ialah ‘Buat Kesan Manis’. 

“Pertama, kita akan menempatkan sebanyak 125 orang penyuluh agama (87 PNS dan 38 Non-PNS) dalam membimbing minimal tiga keluarga terdampak stunting. Kedua, penyuluhan kepada ibu dan keluarga muda melalui posyandu,” ucap Edi Oktafiandi. 

Selanjutnya, penyuluhan kepada calon pengantin (Catin) dalam bentuk program belajar rahasia nikah (Berkah). Keempat, konsultasi bimbingan keluarga melalui RRI Regional 1 Padang setiap Jumat malam mulai pukul 20.00-21.00 WIB. Terakhir, penyuluhan agama di masjid dan mushala di wilayahnya.

“Buat Kesan Manis juga melahirkan kolaborasi antara Kemenag Kota Padang bersama Pemko Padang melalui Dinas Kesehatan, DP3AP2KB serta TP PKK Kota Padang. Alhamdulillah, Wali Kota Padang dan Ketua TP PKK Kota Padang sangat mendukung penuh dengan program ini,” tambahnya.

Dijelaskan pihaknya, pendekatan-pendekatan sosial kultural, budaya dan agama yang ada, dirasa sangat efektif di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Agama sebagai instansi pemerintah, memiliki wewenang menyampaikan program dalam bahasa agama.

“Kami berharap kolaborasi ini dan program yang dijalankan, permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada di Kota Padang akan turun dan menghilang. Entah itu kemiskinan, stunting, kekerasan dalam rumah tangga dan sebagainya,” harapnya.

Diharapkannya, melalui program tersebut,  keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah yang harmonis bisa segera terwujud. 

(WE/Irsan/Charlie)


#Kemenag #Padang