Breaking News

Mandi Air Dingin atau Hangat, Ini Deretan Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi mandi

Dirgantaraonline.co.id,-
Mandi merupakan aktivitas yang rutin dijalani setiap hari. Dengan mandi, tubuh akan menjadi lebih bersih, segar dan sehat. Mandi juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Namun, mandi dengan suhu air yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda terhadap tubuh. Misalnya, mandi dengan air dingin dan air hangat. Banyak orang bertanya-tanya manakah yang lebih sehat antara mandi dengan air dingin atau air hangat.

Sebenarnya, baik mandi air dingin maupun air hangat memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan. Namun, karena memiliki khasiat yang berbeda, suhu air untuk mandi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Untuk mengetahui apa saja manfaat mandi air dingin dan air hangat, lebih baik simak ulasan berikut ini:

Manfaat Mandi Air Dingin

Mandi menggunakan air dingin pada pagi hari sebelum memulai aktivitas atau saat udara panas menjadi pilihan baik yang tentu menyegarkan. Suhu air dingin yang ideal untuk tubuh berkisar pada 21 derajat celcius, dan tidak dianjurkan mandi menggunakan air es atau menggunakan air dengan suhu lebih rendah.

Berikut beberapa manfaat mandi dengan air dingin:

Pikiran Menjadi Lebih Segar

Mandi air dingin ketika pagi hari dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh. Penyebabnya adalah otak memproduksi hormon norepinefrin, yaitu sejenis adrenalin yang membantu pikiran Anda tetap waspada secara alami jika tubuh terkena suhu air yang dingin.

Rambut dan Kulit Menjadi Lebih Sehat

Setiap orang tentu ingin memiliki rambut dan kulit yang sehat, bukan. Jarang diketahui bahwa hanya dengan mandi menggunakan air dingin, dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan bercahaya alami. Selain itu, juga akan membuat kulit tetap lembab dan kenyal.

Mengatasi Depresi

Depresi yang diakibatkan karena stress bisa menjadi reda dengan cara mandi air dingin. Hal tersebut dikarenakan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirim impuls-impuls elektrik pada otak yang ditangkap oleh otak sebagai sinyal agar tetap aktif dan segar.

Manfaat Mandi Air Hangat

Selain mandi air dingin, mandi air hangat juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat mandi air hangat:

Peredaran Darah Menjadi Lancar Mandi dibawah pancuran air hangat dengan tekanan air yang stabil dapat melancarkan sistem peredaran darah. Sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah dapat menjadi lebih lancar hanya dengan berdiri dibawah pancuran selama lima menit.

Membantu Melemaskan Otot Nyeri dan Kaku

Ketika beraktivitas berat, tidak jarang otot menjadi nyeri, kaku dan tegang. Untuk mengatasinya, bisa dengan cara mandi air hangat sambil memijat-mijat ringan tubuh ketika di bawah pancuran air hangat.

Kualitas Tidur Menjadi Lebih Baik

Insomnia atau susah tidur seringkali dialami oleh banyak orang, hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga akan mudah untuk tidur.

Mandi Air Hangat Menjadi Lebih Praktis dengan Water Heater Mandi air hangat kini tidak perlu lagi repot-repot karena ada produk Ariston Water Heater 15 Liter.

Dengan water heater Ariston bertenaga listrik yang berkapasitas tangki 15 liter tersebut, Anda bisa mandi air hangat dengan suhu ideal yang sesuai keinginan.

Water heater dari Ariston merupakan brand water heater nomor satu di dunia dari Italia, yang sudah berpengalaman lebih dari 90 tahun. Selain itu, water heater dari Ariston ini juga sudah terbukti kualitas dan keamanannya.

Dengan varian yang luas mulai dari listrik, gas, solar, dan heat pump, serta dilengkapi dengan teknologi terdepan. Ariston hadir untuk memberikan mandi air hangat yang nyaman bagi keluarga Indonesia. 

(Rini)

#Kesehatan #global #gayahidup #lifestyle