Breaking News

Puskesmas Ambacang Adakan Jambore dan Penyuluhan Pemberian Vitamin A


D'On, Padang (Sumbar),-
Mengoptimalkan peran kader posyandu dalam mewujudkan masyarakat sehat, Puskesmas Ambacang mengadakan jambore serta penyuluhan pemberian vitamin A, Sabtu (26/82023). Sekitar 100 orang kader di wilayah kerja puskesmas tersebut mengikuti penyuluhan secara serius dan antusias. 

Kepala Puskesmas Ambacang, drg Riny Zulfianty menyebut, kegiatan penyuluhan vitamin A yang dilakukan sejatinya memiliki tujuan untuk edukasi. Edukasi yang disasar para kader yakni kepada ibu yang memiliki balita.

“Edukasi yang dimaksud itu berupa penyuluhan yang diberikan oleh para kader kepada ibu balita. Karena sebentar lagi kita akan melaksanakan kegiatan pemberian vitamin A kepada bayi dan balita,” jelas drg Riny Zulfianty.

Kegiatan pemberian vitamin A ini, tambah Kapus, juga berupa pengulangan kaji. Sebab, para kader sejatinya sudah paham dikarenakan agenda itu rutin diadakan setiap tahunnya. Layaknya vitamin A untuk usia 0-11 bulan berwarna biru, usia 12 bulan-5 tahun berwarna merah.

“Kita kembali mengingatkan, memberi semangat agar para kader bisa kembali bersemangat dalam melaksanakan kegiatan di lapangan,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap agar semua balita yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ambacang mendapatkan vitamin A. Sebab, vitamin A ini juga merupakan bagian dari peningkatan kesehatan, terutama untuk mata.

“Untuk itu, diharapkan tidak adanya balita yang tidak mendapatkan vitamin A. Vitamin A juga merupakan bagian dari peningkatan kesehatan, terutama mata,” harapnya.

Sementara itu, Camat Kuranji yang diwakili Kasi Kesejahteraan Sosial (Kesos), Yeni Eneri menyebut, pada dasarnya kader posyandu adalah orang-orang yang sangat peduli terhadap masyarakat, terutama yang berada di lingkungan mereka.

“Kami sangat melihat antusiasme yang sangat luar biasa dari para kader. Sebab mereka adalah orang-orang yang sangat peduli terhadap masyarakat, terutama yang berada di lingkungan mereka. Mereka sangat ingin ikut serta untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan,” jelas Yeni Eneri.

Tambahnya, para kader juga memiliki sifat yang haus akan informasi penting yang dirasa perlu disampaikan kepada masyarakat. Namun, untuk memberikan informasi tersebut tentunya harus dibekali terlebih dahulu.

“Di setiap kesempatan, selain memotivasi, kami juga yakin bahwasanya para kader dapat menyasar dan serius terhadap kader yang berjuang di lapangan. Namun begitu, kami tentunya berharap semangat dari para kader agar tidak hilang,” tukasnya. 

(WE/Charlie)


#Kesehatan #Puskesmas #Padang