Breaking News

Skandal Pelecehan Seksual Miss Universe, Rio Motret: Itu Pelecehan Dilakukan Perempuan!

Fotografer Rio Wibowo atau yang lebih dikenal dengan Rio Motret

D'On, Jakarta,-
Mantan Direktur Visual Miss Universe (MUID) Rio Motret membantah dirinya terlibat dalam pengambilan keputusan body checking dan pemotretan tanpa busana di kasus pelecehan seksual Miss Universe 2023. Ia pun mengungkapkan, dugaan keterlibatan cewek-cewek dalam pemotretan foto telanjang Miss Universe 2023.

Rio Motret mengaku tidak ada di lokasi kejadian saat finalis Miss Universe tersebut melakukan body checking.

Hal itu diungkapkan Rio Motret saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan kemarin.

"Terkait kasus ini, saya mau klarifikasi bahwa yang melakukan pemotretan itu bukan saya. Karena kebetulan saya enggak ada di lokasi saat kejadian itu. Saya lagi di atas. Kan bootcamp itu ada di hotel yah, dan saat itu saya sedang ada di kamar saya. Yang melakukan pengambilan gambar itu adalah perwakilan Miss Universe yang jabatannya chief operating office (COO) yang jabatannya diisi cewek jadi fotografernya juga cewek," ungkap Rio.

Rio Motret menyebut, dia baru mengetahui hal itu setelah dirinya mendengar komplain dari pihak finalis.

"Saat ada komplain tentang anak-anak yang sedang difoto telanjang, saya langsung turun untuk memastikan kebenarannya seperti apa. Dan, saat itu saya memastikan bahwa foto-foto itu harus dihapus dan tidak boleh tersebar di luar," ujarnya.

"Jadi saya menduga anak-anak yang melecehkan itu perempuan. Jadi boleh saya tekankan di sini bahwa pelecehan itu dilakukan perempuan yang melecehkan perempuan juga, Jadi enggak benar di situ ada laki-lakinya," tegasnya.

Rio juga mengaku kaget dengan adanya permintaan body checking hingga pemotretan telanjang pada prafinalis Miss Universe 2023.

"Kalau dia (Poppy Capella) bilang dia juga enggak tahu ada kejadian itu, bohong. Karena kita punya buktinya bahwa dia tahu. Chatting di tanggal yang sama dengan proses pemotretan itu. Dia juga sempat menanggapi proses foto bugilnya. Dan, sampai saat ini saya belum bisa komunikasi langsung dengan yang bersangkutan yang sepertinya enggak ada inisiatif dari dia untuk berkomunikasi dengan kita”.

Rio Motret mengaku, kesal dirinya dibawa-bawa kasus tersebut. Sehingga Ia memutuskan untuk mundur dari Miss Universe. “ Karena mereka kayaknya lepas tangan," tambahnya lagi.

Rio Motret merasa dikorbankan dan dijadikan kambing hitam dalam kasus ini. Padahal dia tidak mengetahui dan tidak pernah melakukan hal itu dalam sejarah kariernya di dunia fotografi.

"Mungkin di luar sana mereka menyebut kami pelakunya, ini menurut kami adalah informasi yang tidak benar, karena enggak mungkin saya akan melecehkan karier yang saya bangun selama ini. Dan masyarakat dan netizen serta semua orang yang pernah terlibat kerja sama dengan saya juga tahu bahwa saya belum pernah melakukan itu, karena ini pastinya akan mencoreng pekerjaan saya sendiri. Maka saya ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian PPPA dan siap melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwajib karena memang kami tidak sama sekali terlibat dan tidak pernah mengambil keputusan itu," tandasnya.


(B1)

#SkandalMissUniverseIndonesia #MissIndonesia2023 #pelecehanseksual