Breaking News

4 Cara Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Teori 'Delayed Gratification'

Ilustrasi seorang gembira 

Dirgantaraonline.co.id,-
Di dewasa ini, terutama saat memasuki usia 20 tahun, adalah saat yang tepat untuk mulai memahami diri sendiri dan nilai-nilai penting dalam hidup. Salah satu nilai yang sangat berharga adalah kemampuan untuk bersabar. Meskipun kesenangan yang sedang kita nikmati terasa begitu menggoda, penting untuk diingat bahwa ini hanya bersifat sementara.

Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep yang dikenal sebagai "Delayed Gratification" atau kepuasan yang tertunda. Ini mengacu pada kemampuan untuk menunda kepuasan sekarang demi imbalan yang lebih besar di masa depan. 

Berikut 4 contoh menunda kesenangan yang patut kamu lakukan yang dilansir dari situs Positivepsychology.com: 

1. Makanan sehat vs makanan instan

Orang-orang yang hidup di zaman serba canggih ini tentunya menginginkan segala sesuatu yang instan, termasuk persoalan makanan. Apalagi saat ini banyak sekali yang mudah tergoda dengan makanan lezat di ponsel mereka dan dengan mudahnya membeli melalui aplikasi tersebut.

Namun, untuk mencapai gaya hidup sehat, seseorang harus mampu menunda keinginan untuk makan makanan cepat saji yang tidak bergizi dan memilih makanan sehat yang memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh. Jadi kamu ingin hidup yang seperti apa?

2. Interaksi sosial

Tidak ada yang melarangmu untuk berinteraksi dengan siapa pun karena sejatinya manusia merupakan makhluk sosial. Tetapi jika sebuah interaksi tersebut hanya membuatmu menunda segala kewajiban, maka lebih baik tinggalkan saja.

Tidak ada salahnya kamu bergaul, bermain, bahkan nongkrong di mana pun dan dengan siapa pun. Tetapi kamu harus menyadari bahwa untuk mencapai hidup yang sukses tidak bisa diraih dengan cara mudah. Tentunya kamu harus memprioritaskan waktumu untuk hal yang bermanfaat.

3. Keuangan yang sehat

Siapa sih yang tidak ingin memiliki keuangan yang sehat? Saat ini bukanlah waktu yang terlambat untuk memulai hal itu. Hal pertama yang kamu lakukan yaitu membuat catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Jangan lupa juga membuat budget bulanan. Dalam keuangan sendiri, kamu harus mengetahui apa saja yang kamu butuhkan, bukan hanya yang kamu inginkan.

4. Pencapaian hidup

Semua orang tentunya memiliki tujuan hidup masing-masing. Untuk mencapai tujuan hidup bukanlah sesuatu yang instan dan mudah diraih. Sesuai dengan teori yang dibahas dalam artikel ini, maka kamu harus bisa menunda segala kesenangan sementara yang ada di depan matamu.

Pada kehidupan yang serba cepat ini, seni menunda kepuasan merupakan kualitas berharga yang dapat membantu kita mencapai tujuan jangka panjang yang lebih besar


(Rini)

#DelayedGratification #global #gayahidup #lifestlye