Breaking News

5 Fakta Kebakaran Museum Nasional, Dilahap Si Jago Merah Diduga karena Korsleting

Museum Nasional Indonesia 

D'On, Jakarta,- 
Kebakaran terjadi di Museum Nasional Indonesia (MNI) atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut petugas kepolisian yang bertugas di TKP, api telah berhasil dipadamkan sebelum pukul 21.00 WIB.

Kebakaran itu diduga disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi sehingga menghanguskan satu gedung dan sebuah bedeng pekerja. 

Museum Nasional akan ditutup sementara untuk umum akibat kebakaran itu. Sejauh ini belum diketahui kapan Museum Nasional akan dibuka kembali. Simak fakta kebakaran Museum Nasional berikut ini.

1. Kronologi Kebakaran

Kebakaran yang melanda Museum Nasional Indonesia (MNI) di Gambir, Jakarta Pusat terjadi akibat masalah arus pendek atau korsleting listrik. Kronologi kebakaran berawal ketika security sedang melakukan apel kemudian tidak lama terjadi ledakan. 

"Dugaan penyebab yakni konsleting listrik di belakang luar pameran Museum, diduga dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya pada Sabtu (16/9/2023) malam.

"Jam 19.58 WIB terjadi ledakan cukup besar dari arah bedeng proyek yang sedang mengerjakan renovasi di Museum Nasional. Kemudian alarm gedung berbunyi dan ketika dikroscek api sudah membesar," jelas dia. 

Upaya pemadaman api dilakukan oleh 56 personel pemadam kebakaran dengan 14 unit mobil pemadam kebakaran. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.40 WIB kemudian dilakukan upaya pendinginan sejak pukul 21.47 WIB. Luas area yang terbakar yakni di Gedung A adalah 20 meter x 20 meter. 

Jumlah kerugian akibat kebakaran di Museum Nasinal belum diketahui. Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

2. Api Merembet Akibat Angin Kencang

Kebakaran yang melahap bagian belakang Museum Nasional merembet ke bagian depan bangunan. Dengan angin yang berembus kencang, api merembet ke area lain. Hal itu membuat dinding dan atap bagian belakang Museum Nasional ambruk dilahap si jago merah.

Asap kebakaran begitu tebal dan membubung tinggi sehingga membuat jarak pandang petugas pemadam kebakaran (damkar) terbatas. Petugas bahkan memakai senter sebagai pencahayaan selama memadamkan api.

Ada 4 ruang penyimpanan barang bersejarah di Gedung A Museum Nasional yang hangus terbakar. Hanya saja belum diketahui artefak apa saja yang hangus dalam kebakaran dahsyat itu. Bangunan yang terbakar itu merupakan tempat menyimpan barang-barang bersejarah.

3. Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran

Sementara itu tim investigasi dikerahkan untuk mengusut penyebab kebakaran di Museum Nasional. Proses penyelidikan dipastikan akan berjalan transparan.

"Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan," ungkap Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya(MCB) Ahmad Mahendra dalam keterangannya pada Minggu (17/9/2023).

"Kami akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan penyelidikan ini berjalan transparan," sambung Mahendra.

4. Nadiem Dorong Polisi Segera Investigasi

Mendikbudristek Nadiem Makarim sempat mendatangi Museum Nasional yang dilanda kebakaran. Dia pun mendorong pihak kepolisian untuk segera melakukan investigasi.

"Tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," ucap Nadiem di kawasan Museum Nasional Jakarta Pusat pada Minggu (17/9/2023) dini hari.

Nadiem menyampaikan prioritas utama pihaknya untuk menanggulangi kebakaran yakni menyelamatkan artefak dan benda-benda bersejarah yang masih tersisa di dalam gedung. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk memastikan benda-benda museum yang rusak bisa segera dicatat dan diamankan.

Selain itu Nadiem mengatakan untuk saat ini belum ada yang bisa masuk ke dalam museum untuk melakukan investigasi lanjutan. Pasalnya dari pihak pemadam sendiri belum memperbolehkan ada yang masuk ke dalam.

5. Museum Nasional Ditutup Sementara

Titik kebakaran Museum Nasional terjadi di Gedung A. Imbas kebakaran tersebut, Museum Nasional akan ditutup sementara untuk umum.

"Satuan personil kita siapkan di bagian depan maupun belakang, mengingat di gedung A banyak disimpan barang berharga, bernilai sejarah cukup tinggi. Jadi untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan, kita akan melakukan penutupan sementara sampai nanti dinyatakan oleh pengelola sendiri tempat ini sudah bisa dibuka lagi untuk umum," ungkap Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin di lokasi, Sabtu (16/9/2023).

Komarudin belum tahu sampai kapan museum akan ditutup. Walau begitu penjagaan museum akan dilakukan sampai beberapa hari ke depan. "Kita akan lihat situasi nanti, mungkin dalam beberapa hari ke depan kita akan berjaga," ujar dia.


(*)

#Kebakaran #Peristiwa #MuseumNasionalIndonesia #MuseumGajah