Breaking News

Demokrat soal Permintaan Tetap di Koalisi: Bisa Diwujudkan Tanpa Anies

Partai Demokrat merespons harapan dari PKS agar tetap berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mendukung Anies di Pilpres 2024

D'On, Jakarta,-
Partai Demokrat merespons harapan dari PKS agar tetap berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan dan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyatakan harapan soal koalisi dari PKS itu mungkin saja diwujudkan ke depan, namun tanpa Anies Baswedan sebagai capres yang diusung.

"Tentunya harapan-harapan teman-teman agar kita bisa berjuang bersama mungkin saja ke depan bisa kita wujudkan, tapi tentu tidak dengan capres yang telah kami cabut mandatnya," kata Herzaky saat dihubungi, Minggu (3/9).

Ia mengatakan keputusan untuk tidak mendukung Anies merupakan keputusan Majelis Tinggi Partai yang merupakan manifestasi dari keinginan kader Demokrat.

"Ini telah menjadi keputusan Majelis Tinggi Partai yang merupakan manifestasi dari keinginan dan aspirasi kader-kader Demokrat se-Indonesia yang kecewa dan marah karena ada yang tidak berkomitmen, tidak memiliki adab dan etika politik yang baik," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan Demokrat menghormati langkah apapun yang nantinya akan diambil oleh PKS.

"Kami menghormati dan apresiasi langkah apapun yang akan diambil oleh teman-teman PKS, karena setiap dari masing-masing partai memiliki mekanisme internal dalam memperjuangkan aspirasi konstituen maupun masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Demokrat menarik dukungan dari Anies di Pilpres. Partai besutan SBY itu merasa dikhianati oleh Anies dan NasDem yang memilih Cak Imin menjadi cawapres.

Sementara itu, Presiden PKS Ahmad Syaikhu sebelumnya menyatakan pihaknya akan membawa usulan nama Cak Imin sebagai bakal cawapres ke Majelis Syuro PKS. Menurutnya, Majelis Syuro yang akan memutuskannya.

"PKS telah tetapkan Anies sebagai bacapres diusung PKS. Adapun rekomendasi nama Bapak Muhaimin sebagai cawapres akan diusulkan, dibahas pada musyawarah Majelis Syuro PKS," ujarnya.

"Kami pahami dan hormati juga keputusan Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan dan cabut dukungan ke Anies. Sesungguhnya kami masih berharap Demokrat untuk bisa tetap dalam Koalisi Perubahan dan usung Anies sebagai bacapres," kata Syaikhu.


(yoa/dzu)



#Demokrat #PKS #Pilpres2024 #Pemilu2024