Breaking News

Ini Instansi yang Menerima Lulusan SMA untuk CPNS 2023, Beserta Syarat dan Cara Pendaftarannya

Ilustrasi 

D'On, Jakarta,-
Seleksi calon pegawai negeri sipil/aparatur sipil negara (CPNS/CASN) akan kembali diselenggarakan tahun ini, dengan periode pendaftaran CPNS 2023 berlangsung dari tanggal 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Tidak hanya sarjana, lulusan SMA/sederajat juga memiliki kesempatan mendaftar dalam Seleksi CPNS 2023. Beberapa instansi telah membuka peluang bagi lulusan SMA/sederajat untuk mengikuti seleksi CPNS 2023.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan bahwa seluruh proses seleksi akan dilakukan melalui portal resmi SSCASN. Informasi lebih rinci dapat ditemukan di laman resmi https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 posisi lowongan untuk CPNS CASN 2023. Jumlah ini terbagi menjadi 72 instansi, dengan 78.862 posisi untuk pemerintah pusat dan 493.634 posisi untuk pemerintah daerah.

Khusus pemerintah daerah, terdapat alokasi sebanyak 296.084 posisi untuk PPPK Guru, 154.724 posisi untuk PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 posisi untuk PPPK Teknis.

Berikut adalah daftar 7 instansi yang membuka kesempatan pendaftaran CPNS 2023 bagi lulusan SMA/sederajat:

Badan SAR Nasional (Basarnas)
Basarnas membuka pendaftaran CPNS 2023 bagi lulusan SMA dengan tujuan mengisi posisi baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website resmi Basarnas atau akun Instagram @sar_nasional.

Kejaksaan Agung (Kejagung)
Kejagung membuka kesempatan kepada lulusan SMA/sederajat untuk mendaftar pada CPNS 2023. Informasi tentang CPNS di Kejagung dapat ditemukan di situs resmi Biro Kepegawaian Kejaksaan.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham)
Kemenkumham membuka formasi CPNS 2023 lulusan SMA/sederajat dengan posisi jabatan sebagai penjaga tahanan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di situs CPNS Kemenkumham.

Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)
Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat, khususnya untuk posisi polisi hutan yang berkaitan dengan kehutanan dan pertanian. Informasi lebih rinci dapat ditemukan di situs CASN Kementerian Lingkungan Hidup

Kementerian Perhubungan (Kemhub)
Kementerian Perhubungan atau Kemenhub membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat, dengan jumlah formasi sekitar 684. Informasi tentang pendaftaran dapat ditemukan di situs CPNS Kementerian Perhubungan. Posisi yang tersedia antara lain adalah bidang penerbangan, petugas Avsec, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan petugas pemadam kebakaran.

Kementerian Pertahanan (Kemhan)
Kementerian Pertahanan atau Kemhan juga akan membuka formasi CPNS 2023 bagi lulusan SMA. Posisi jabatan yang tersedia mencakup pengemudi ambulans dan kataloger pemula. Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dapat ditemukan di situs resmi Kementerian Pertahanan.

Kementerian Pertanian (Kemtan)
Kementerian Pertanian memberikan kesempatan pada calon pendaftar lulusan SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan. Informasi mengenai pendaftaran dapat ditemukan di situs CASN Kementerian Pertanian.

Syarat Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA/sederajat

Merujuk pada Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Berikut syarat yang wajib dipenuhi calon pelamar CPNS 2023 lulusan SMA.

1. Syarat umum

Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar.

Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.

Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.

Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

2. Syarat dokumen

Ijazah SMA/sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keagamaan.

Salinan akta lahir

Salinan KTP

Daftar riwayat hidup

Pas foto ukuran 3x4

Surat lamaran

Demikian formasi CPNS 2023 lulusan SMA, SMK, dan sederajat.

(B1)

#CPNS2023 #CPNSSMA2023 #CaraDaftarCPNS2023 #SyaratDaftarCPNS2023 #nasional