Breaking News

Ini Penyebab Daya Baterai Ponsel Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi 

Dirgantaraonline.co.id,-
 Baterai Ponsel yang cepat habis bisa menjadi masalah besar, apalagi ketika berada di luar rumah dan sangat membutuhkan ponsel untuk tetap terhubung. Meskipun power bank mungkin memberikan bantuan sementara, fokus utama Anda haruslah mengidentifikasi akar penyebab daya tahan baterai yang buruk. Lantas, mengapa baterai ponsel Anda cepat terkuras?

Ada beberapa alasan mengapa baterai ponsel Anda cepat habis, di antaranya adalah tingkat kecerahan layar, aplikasi yang berjalan di latar belakang, koneksi nirkabel, pengaturan pelacakan lokasi aplikasi, dan keadaan fisik baterai. Dilansir dari Gizchina, Sabtu (2/9/2023), berikut ini langkah yang bisa dilakukan agar daya baterai tidak cepat habis.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi adalah penyebab yang paling jelas mengapa baterai ponsel Anda cepat habis. Meskipun meningkatkan kecerahan mungkin membuat tampilan teks dan gambar terlihat lebih baik, tetapi tingkat kecerahan yang tinggi juga akan menguras daya baterai.

Anda hanya perlu membuka pengaturan kecerahan layar ponsel dan menurunkan levelnya. Sebaiknya jangan mengatur kecerahan terlalu rendah hanya untuk menghemat baterai. Tetapkan kecerahan layar sesuai dengan situasi. Anda juga dapat mengaktifkan pengaturan penyesuaian otomatis yang akan menyesuaikan kecerahan secara otomatis berdasarkan pencahayaan sekitar.

Aktifkan Mode Gelap

Sebagian besar ponsel saat ini menggunakan layar OLED, yang memiliki keunggulan dalam hal tampilan gambar yang hidup dan berwarna. Keuntungan lainnya adalah pada layar OLED, warna hitam benar-benar hitam dan tidak memerlukan daya untuk ditampilkan. Ini berarti mode gelap sangat hemat daya pada layar OLED.

Jadi, jika Anda memiliki ponsel dengan layar OLED dan mengalami masalah baterai cepat habis, Anda perlu mengaktifkan dark mode atau mode gelap. Anda dapat menemukan pengaturan ini di menu tampilan ponsel Anda.

Tutup Aplikasi Latar Belakang yang Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi memang perlu berjalan di latar belakang untuk memberikan fungsi yang optimal, seperti VPN, media sosial, kalender, dan antivirus, tetapi ada juga aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang tanpa alasan yang jelas, yang dapat menghabiskan sumber daya baterai Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, aktifkan pengaturan pengoptimalan baterai pada ponsel Anda. Selain itu, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang setelah Anda selesai menggunakannya. Ini akan membantu menjaga baterai ponsel Anda agar tidak cepat habis dan menjaga pengelolaan memori yang lebih optimal.

Periksa Koneksi Nirkabel

Terlalu banyak koneksi nirkabel yang aktif dapat membuat baterai ponsel Anda cepat terkuras. Saat tidak digunakan, nonaktifkan data seluler dan hanya gunakan WiFi saat berada di rumah. Selain itu, periksa pengaturan Bluetooth dan matikan jika tidak diperlukan.

Cek Aplikasi Pelacak Lokasi

Beberapa aplikasi terus memantau lokasi Anda, bahkan saat Anda tidak menggunakannya secara aktif. Ini dapat mengakibatkan pengurasan baterai yang cepat. Untuk mengatasinya, matikan pengaturan lokasi saat Anda tidak menggunakan aplikasi yang memerlukan pelacak lokasi.

Kesehatan Baterai Ponsel

Setelah beberapa waktu, baterai ponsel dapat mengalami penurunan kesehatan dan tidak dapat mengisi daya dengan efisien. Jika baterai Anda cepat terkuras dan ponsel sudah berusia lebih dari dua tahun, pertimbangkan untuk mengganti baterai Anda. Beberapa ponsel akan memberi tahu Anda jika kesehatan baterai sudah terlalu rendah dan perlu diganti.

(Rini)

#Tekno #BateraiPonselCepatHabis #Ponsel #Global