Breaking News

Kacang Hijau Bantu Turunkan Tekanan Darah

Ilustrasi 

Dirgantaraonline.co.id,-
Kacang hijau adalah salah satu varietas kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi. Kacang hijau dilengkapi dengan banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengolah kacang hijau juga sangat mudah, dan bahan makanan ini dapat dengan mudah diintegrasikan dalam berbagai hidangan. Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, kacang hijau rupanya memiliki banyak manfaat.

Inilah enam manfaat menakjubkan yang dapat Anda peroleh dari mengonsumsi kacang hijau, sebagaimana dikutip dari Medical News Today, Senin (25/9/2023).

1. Bantu turunkan berat badan
Kacang hijau kaya akan serat dan protein, yang keduanya berperan penting dalam menjaga rasa kenyang dan mendukung usaha penurunan berat badan. Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa serat dan protein dapat menekan hormon rasa lapar, seperti ghrelin. Hal ini berarti mengonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

2. Tinggi antioksidan
Kacang hijau mengandung sejumlah besar antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam kacang hijau meliputi asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat, dan banyak lainnya. Peran utama antioksidan ini adalah membantu menetralkan molekul yang dapat berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika radikal bebas berada dalam jumlah tinggi dalam tubuh, mereka dapat berinteraksi dengan komponen seluler dan menyebabkan kerusakan. Kerusakan ini telah terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Penelitian di dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa antioksidan yang terdapat dalam kacang hijau dapat efektif menetralisasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkaitan dengan pertumbuhan kanker di dalam sel paru-paru dan perut.

3. Melawan aktivitas antijamur
Kacang hijau juga dikenal memiliki sifat antimikroba dan antijamur. Komponen dalam kacang hijau telah terbukti efektif dalam melawan bakteri helicobacter pylori, yang merupakan penyebab umum dari sakit mag.

4. Bantu turunkan kadar gula darah
Studi pada tikus telah menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini menunjukkan bahwa kacang hijau mungkin memiliki potensi dalam mendukung pengelolaan diabetes.

5. Bantu turunkan tekanan darah
Studi pada tikus juga telah menunjukkan bahwa ekstrak kecambah kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah. Meskipun lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk memahami lebih lanjut manfaat ini, temuan ini memberikan harapan bahwa kacang hijau dapat berperan dalam menangani masalah tekanan darah tinggi.

6. Anti-inflamasi
Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak dari kacang hijau memiliki potensi dalam memperbaiki gejala kondisi peradangan, seperti alergi. Ini menandakan bahwa kacang hijau mungkin bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan gejala yang berkaitan dengan kondisi peradangan tertentu.

Dengan beragam manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kacang hijau, tidak mengherankan jika kacang hijau menjadi salah satu pilihan makanan yang menyehatkan. Dalam upaya untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup, pertimbangkan untuk mengintegrasikan kacang hijau dalam pola makan Anda.


(Rini)

#KacangHijau #Kesehatan #Gayahidup #LifeStyle #global