Breaking News

Lakukan Langkah Ini Saat Akun WhatsApp Diretas

Ilustrasi layanan WhatsApps

Dirgantaraonline.co.id,-
Belakangan ini, kita semakin sering mendengar kasus akun WhatsApps diretas atau di-hack. Banyak pengguna WhatsApp yang mengaku menjadi korban karena sebelumnya mereka mengeklik link atau tautan yang dikirimkan oleh seseorang ke WhatsApp mereka.

Kondisi semacam ini tentu bisa membawa risiko yang serius, karena akun WhatsApp yang telah diretas dapat digunakan untuk menyebarkan spam ke kontak Anda atau bahkan mengancam privasi Anda.

Dilansir dari Gizchina, Minggu (17/9/2023), untuk mendaftarkan ulang akun WhatsApp pada perangkat lain, pelaku kejahatan online memerlukan akses ke kode verifikasi yang dikirimkan melalui pesan teks. Ada beberapa kasus penipu mencoba untuk memperdaya Anda agar memberikan kode tersebut dengan alasan bahwa kode itu dikirimkan ke ponsel Anda secara tidak sengaja. Atau, mungkin malware pada perangkat seluler Anda telah mencuri kode tersebut segera setelah diterima.

Jika Anda secara tidak sengaja memberikan kode verifikasi, Anda masih bisa mendapatkan kembali kendali atas akun Anda dengan memverifikasi ulang WhatsApp pada ponsel Anda, tetapi jika penyerang berhasil menggandakan kartu SIM Anda, proses pemulihan akan memakan waktu yang lebih lama.

Untuk mengambil alih kembali kontrol atas akun WhatsApp Anda, segera hubungi operator seluler Anda untuk memeriksa apakah ada aktivitas yang mencurigakan pada kartu SIM Anda. Jika ditemukan indikasi pelanggaran keamanan, minta mereka untuk memblokir kartu SIM yang dicurigai.

Langkah lain yang tak kalah pentingnya adalah memberi tahu semua kontak Anda tentang situasi ini. Beberapa dari mereka mungkin menggunakan aplikasi pesan lain selain WhatsApp, sehingga penting untuk memberi tahu mereka melalui pesan atau panggilan telepon bahwa akun WhatsApp Anda mungkin telah disusupi. Mereka perlu mewaspadai permintaan mengeklik tautan, memasang aplikasi tambahan, atau permintaan uang yang mencurigakan yang mungkin muncul atas nama Anda.

Selain itu, cara terbaik untuk mengusir penyusup dari akun WhatsApp Anda adalah dengan mendaftarkan kembali nomor Anda pada ponsel. Cukup klik "Verifikasi" dan masukkan kode yang dikirimkan ke ponsel Anda (jika kartu SIM Anda masih aktif), tetapi proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa jam sebelum dapat digunakan.

Jika Anda menemui permintaan kode verifikasi yang tidak Anda kenali, ini bisa menjadi indikasi bahwa penyerang telah mengaktifkan verifikasi dua faktor. Sebaiknya aktifkan fitur ini setelah Anda berhasil mendapatkan kendali kembali atas akun Anda.

Ketika Ponsel Hilang

Kehilangan ponsel adalah pengalaman yang sulit, dan juga berarti adanya risiko pelanggaran privasi terhadap akun WhatsApp Anda, tetapi jika perangkat Anda terkunci dan dilindungi dengan baik, pencuri tidak akan bisa mengakses data atau akun WhatsApp Anda.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan jika ponsel Anda hilang:

1. Segera beritahu semua kontak Anda bahwa ponsel Anda hilang. Beri tahu mereka bahwa mereka mungkin akan menerima pesan atau panggilan dari penipu.

2. Hubungi operator seluler Anda dan minta mereka untuk menonaktifkan kartu SIM Anda yang hilang saat Anda memesan kartu SIM baru.

3. Ganti kata sandi Anda, terutama untuk akun-akun global seperti Google, Facebook, atau Twitter. Mengganti kata sandi akan secara otomatis keluar dari akun tersebut, mencegah akses yang tidak sah.


(Rini)

#AkunWhatsAppsDiretas #WhatsApps #Tekno #Digital #Ponsel