Breaking News

Negara Sudah Habis Rp 6,4 Triliun untuk Bangun IKN

Menteri Keuangan Sri Mulyani 

D'On, Jakarta,-
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan, Pemerintah telah merealisasikan anggaran untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp 6,4 triliun hingga 31 Agustus 2023.

Pada 2023, Kementerian Keuangan memang telah menetapkan pagu anggaran pembangunan IKN sebesar Rp 29,4 triliun. Maka, realisasi anggaran yang digelontorkan sudah mencapai 21,8 persen dari pagu 2023.

"Belanja untuk pembangunan IKN saat ini sudah terealisasi Rp 6,4 triliun hingga Agustus tanggal 31," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA edisi September 2023, Kamis (21/9/2023).

Adapun untuk rinciannya, kata Bendahara negara ini, dari realisasi anggaran IKN tersebut sebesar Rp 4,7 triliun sudah digunakan untuk pembangunan klaster infrastruktur, dimana pagu anggarannya sebesar Rp 26,5 triliun.

"Rp 4,7 triliun membangun istana negara kawasan inti pusat pemerintahan, kawasan pemukiman untuk ASN, pembangunan jalan tol IKN, Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi ini untuk air. Dan penanganan banjir sungai Sepaku,dan pengendalian banjir daerah aliran sungai Sanggai, Pamaluan, Sulang dan Tengin," jelasnya.

Selanjutnya, Rp 1,6 triliun sudah digunakan untuk klaster noninfrastruktur, diantaranya untuk koordinasi dan penyiapan pemindahan, perencanaan pemindahan ke IKN, rekomendasi kebijakan pada K/L, kegiatan pemetaan pemantauan dan evaluasi, dukungan pengamanan Polri, hingga operasional Otorita IKN.

Secara total, sebenarnya Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 75,7 triliun untuk pembangunan IKN. Namun, Anggaran itu dibagi menjadi 3 tahapan, yakni tahun 2022 telah direalisasikan sebesar Rp 5,5 triliun. 

Selanjutnya pada tahun 2023 Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 29,4 triliun, dan 2024 sebesar Rp 40,6 triliun.

"Tahun ini 2023 ada anggaran Rp 29,4 triliun yang baru terealisasi Rp 6,4 triliun, dan tahun depan telah disediakan Rp 40,6 triliun untuk mempersiapkan IKN Nusantara. Sehingga bisa melakukan kepindahan pada bulan Agustus," pungkasnya.

(L6)


#IKN #MenteriKeuangan #IKNNusantara