Breaking News

Padang Peduli Nelayan, Ketika Sakit Sudah Ada BPJS


D'On, Padang (Sumbar),-
Nelayan di Padang tak perlu risau lagi ketika sakit. Mereka sudah mendapat jaminan kesehatan dari Pemko Padang.

Jaminan kesehatan berupa BPJS diserahkan Wali Kota Padang Hendri Septa kepada nelayan di Kampung Nelayan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah. Jumat (22/9/2023). Sebanyak 238 nelayan senang hatinya. 

"Ini merupakan kerja sama Pemko Padang bersama BPJS. Sebanyak 238 nelayan menerima BPJS Ketenagakerjaan yang berasal dari lima kecamatan, yaitu Koto Tangah, Padang Utara, Padang Barat, Padang Selatan dan Lubuk Begalung, ini sudah dibagi sesuai dengan proposisi," jelas Wako Hendri Septa

Dikatakannya dengan BPJS ini dapat meringankan beban dari keluarga nelayan di Kota Padang, sebagaimana Pemko Padang juga memperhatikan warga dari berbagai latar belakang.

"Jumlah nelayan di Padang 7 ribu lebih, insya Allah secara bertahap  akan diberikan BPJS,  jadi mohon kesabarannya. Bersama Dinas Perikanan dan Pangan akan didata lagi dan bekerja sama dengan instansi terkait" lanjutnya.

Dijelaskannya, terdapat 7.570  nelayan di Padang, di dalamnya terdapat 127 Kelompok Usaha Bersama, 34 kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan, dan 89 kelompok Budidaya Ikan.

"Di sepanjang tahun 2021-2023, sudah diserahkan 955 unit sarana prasarana penangkap ikan (alat penangkap ikan, jaring, pancing, perahu, dan alat penunjang lainnya). Selain itu bantuan uang sebesar 65 juta dan hibah berbentuk barang pengolahan perikanan sebanyak 128 unit," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Alfiadi menyebut ini merupakan bagian dari kepedulian pemerintah dalam melayani masyarakat.

"Oleh sebab itu, semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi kita bersama," jelas Alfiadi.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan ruang diskusi bagi nelayan untuk menyampaikan aspirasinya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Bidang Pembangunan dan  Perkenomian Didi Ariyadi, Kadis Pangan dan Perikanan Alfiadi, Kadis Kominfo Boby Firman, Kabag Umum Harry Khrisna Mulya, Camat Koto Tangah Darmalis, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. 

(MA/Charlie)


#BPJS #Nelayan #Padang