Breaking News

Polisi Sebut Ajudan Kapolda Kaltara Tewas Bukan karena Bunuh Diri

Ilustrasi jenazah 

D'On, Bulungan (Kaltara),- 
Polda Kalimantan Utara (Kaltara) membantah Brigadir Setya Herlambang yang merupakan ajudan Kapolda Kaltara, Irjen Daniel Adityajaya tewas karena bunuh diri. Polda Kaltara menyatakan, korban diduga tewas akibat kelalaiannya saat membersihkan senjata api. 

Brigadir Setya Herlambang yang merupakan anggota dari Banit 3 Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Kaltara, ditemukan tewas bersimbah darah di dalam kamarnya di lingkungan rumah dinas Kapolda Kaltara, Irjen Daniel Adityajaya di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Jumat (22/9/2023) kemarin.

Dari hasil olah TKP yang telah dilakukan oleh tim dari Ditreskrimum dan Bidpropram Polda Kaltara, diduga kuat Brigadir Setya Herlambang tewas akibat tertembak oleh peluru dari senjatanya sendiri. Untuk itu, berdasarkan pemeriksaan sementara, korban tewas karena unsur kelalaiannya saat tengah membersihkan senjata api miliknya.

Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat membantah korban tewas akibat bunuh diri. Hal ini karena dari hasil olah TKP awal, Brigpol Setya diduga tewas akibat tertembak oleh peluru yang berasal dari senjata api miliknya saat sedang membersihkan senjata api tersebut.

"Bukan bunuh diri, dugaan sementara korban sementara membersihkan senjata api, jadi akibat kelalaian," tegas Budi saat dikonfirmasi, Sabtu (23/9/2023) pagi.

Menurut Budi, tim inafis dari Ditreskrimum dan Bidpropam Polda Kaltara telah melakukan olah TKP di lokasi penemuan korban yang telah bersimbah darah di dalam kamarnya. Dari hasil olah TKP , polisi menemukan barang bukti senjata api dengan nomor HS178837, jenis HS-9 yang teregristasi atas nama Brigadir Setya Herlambang tergeletak di samping tubuh korban. Senjata api  itu merupakan senjata inventaris Polda Kaltara.

"Sudah, tim dari Ditreskrimum dan Bidpropam juga sudah ke sana untuk olah TKP," imbuhnya

Brigadir Setya Herlambang ditemukan tak bernyawa bersimbah darah di dalam kamarnya di lingkungan rumah dinas Kapolda Kalimantan Utara, Irjen Pol Daniel Adityajaya di Jalan Komjen DR Jasin, Kilometer 9, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Jumat (22/9/2023) sekitar pukul 13.10 Wita.

Saat ini, jenazah korban telah dibawa ke rumah sakit di Kota Tarakan, Kalimantan Utara untuk menjalani visum luar. Hal ini berdasarkan permintaan pihak keluarga korban yang keberatan jika jenazah Brigadir Setya Herlambang diautopsi di Rumah Sakit Tarakan. 

Pihak keluarga korban pun meminta agar autopsi dilakukan setelah jenazah tiba di kampung halaman di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Informasi barusan pihak keluarga korban minta autopsi dilaksanakan di Semarang, jadi di Rumkit Tarakan hanya visum luar," terang Budi.


(B1)

#BrigadirSetyaHerlambang #AjudanKapoldaKaltaraTewas #Peristiwa #Polri #PoldaKaltara