Breaking News

Rider Spanyol Jorge Martin Kuasai Sirkuit Misano Italia

Jorge Martin 

D'On, Misano (Italia),-
Jorge Martin menuntaskan penampilan dominannya pada MotoGP San Marino dengan memenangkan balapan utama setelah terlibat balapan seru dengan Marco Bezzecchi dan Francesco Bagnaia, Minggu (10/9/2023), di Sirkuit Misano.

Seperti ketika balapan sprint MotoGP, Sabtu, polesitter Jorge Martin dan Francesco Bagnaia berhasil mengungguli Bezzecchi pada awal lomba.

Berkerumun di belakang Martin, Bagnaia bersiap untuk menyalip di tikungan terakhir tetapi Martin tak mau menyerah. Saat Marco Bezzecchi mendekati duo terdepan di awal lap kedua, Brad Binder membuat kemajuan pesat saat ia melewati Dani Pedrosa yang kemudian finis di posisi keempat. 

Setelah mencatatkan lap tercepat balapan di lap kedua, Binder berhasil merebutnya dari Bezzecchi yang berada sangat dekat dengan Bagnaia dan Martin.

Bezzecchi kemudian melakukan kesalahan di tikungan 10  yang membuat dua pembalap terdepan bisa menambah keunggulannya. Pembalap Italia itu melupakan kesalahannya dengan sangat cepat saat ia mengambil posisi kedua dari Bagnaia di tikungan delapan (lap lima).

Namun Bezzecchi kembali melakukan kesalahan di tikungan 10 yang membuat sang juara dunia kembali menempati posisi kedua. Penampilan impresif Binder gagal mewujudkan hasil mengesankan karena terjatuh di tikungan 14. Namun, dia tetap bisa melanjutkan balapan. 

Hari tim KTM menjadi lebih buruk ketika Michele Pirro mengalahkan Jack Miller di tikungan empat.

Saat Pedrosa mulai mengejar trio terdepan dengan selisih seperempat detik per lap, kecelakaan lain terjadi saat Joan Mir terjatuh di tikungan empat.

Setelah defisit dua detik, Pedrosa terpaut lima persepuluh dari Bezzecchi sebelum kesalahan di lap 13 membuat selisihnya bertambah di atas satu detik.

Pedrosa kemudian mulai kehilangan lebih banyak waktu karena selisihnya bertambah menjadi 1,6 detik di akhir lap ke-16.

Satu lap kemudian dan Martin akhirnya mematahkan perlawanan Bagnaia saat ia menetapkan waktu putaran terbaik pribadinya untuk unggul lebih dari satu detik.

Keunggulan pembalap Spanyol itu kemudian menjadi dua detik pada lap 19 saat Bezzecchi melewati Bagnaia di tikungan delapan.

Dengan enam lap tersisa Bagnaia melakukan kesalahan di tikungan 14 yang membuat Pedrosa bisa mendekati pembalap pabrikan Ducati itu.

Pedrosa melakukan tekanan pada dua lap terakhir. Namun, Bagnaia bertahan dan finis di posisi ketiga untuk keduanya kalinya pada akhir pekan ini di belakang Martin dan Bezzecchi.

Hasil balapan utama MotoGP San Marino, Minggu (10/10/2023): 

1 Jorge Martin Spanyol Pramac Ducati
2 Marco Bezzecchi Italia Mooney VR46 Ducati
3 Francesco Bagnaia Italia Ducati Lenovo
4 Dani Pedrosa Spanyol Red Bull KTM
5 Maverick Viñales Spanyol Aprilia Factory
6 Miguel Oliveira Portugal RNF Aprilia 
7 Marc Marquez Spanyol Repsol Honda
8 Raul Fernandez Spanyol RNF Aprilia
9 Luca Marini Italia Mooney VR46 Ducati
10 Johann Zarco Prancis  Pramac Ducati 
11 Alex Marquez Spanyol Gresini Ducati 
12 Aleix Espargaro Spanyol Aprilia Factory 
13 Fabio Quartararo Prancis Monster Yamaha 
14 Brad Binder Afrika Selatan Red Bull KTM 
15 Franco Morbidelli Italia Monster Yamaha 
16 Augusto Fernandez Spanyol Tech3 GASGAS
17 Fabio Di Giannantonio Italia Gresini Ducati 
18 Stefan Bradl Jerman HRC
19 Takaaki Nakagami Jepang Honda


Gagal finis:
Pol Espargaro Spanyol Tech3 GASGAS 
Joan Mir Spanyol Repsol Honda 
Jack Miller Australia Red Bull KTM 
Michele Pirro Italia Aruba.it Ducati


(*)

#MotoGP #BalapMotor #SirkuitMisano #Italia