Breaking News

Sayangkan Sikap Emosional SBY ke Anies, Sudirman Said: Lupa Perlakuan Dia ke Megawati

Sudirman Said (tengah) bersama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman (kiri) dan Jubir PKS Pipin Sopian (kanan) 

D'O
n, Jakarta,- Juru bicara Anies Baswedan, Sudirman Said menyayangkan pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dinilai terlalu emosional kepada Anies Baswedan. Dalam konferensi pers yang digelar kemarin, SBY menyebut Partai Demokrat dan Anies sebagai musang berbulu domba karena dinilai mengkhianati piagam perjanjian Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Sangat disayangkan sikap SBY yang emosional. Lupa bahwa dia pernah memperlakukan Megawati seperti itu," kata Said saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 September 2023.

Pernyataan Said ini untuk merujuk pada peristiwa Pilpres 2004. Saat itu SBY yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan di era Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu SBY tiba-tiba menyatakan maju dalam pilpres dan terpilih. Hubungan Megawati dengan SBY semakin renggang setelah pimpinan partai berlambang mercy itu kembali terpilih pada Pilpres 2009.

Lebih lanjut, soal alasan Anies belum memilih AHY sebagai cawapres, Sudirman menyebut putra SBY itu belum matang.

"AHY terlalu dini untuk jadi Wapres, hanya seorang mayor TNI, karbitan, dan belum matang," kata Said.

Sebelumnya, SBY merespon soal rencana Anies Baswedan melakukan deklarasi bersama Muhaimin Iskandar sebagai pasangan capres-cawapres. SBY mengaku tak menyangka dengan pengkhianatan Anies Baswedan terhadap Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

"Sebetulnya kalau jujur saya pun tidak menyangka atas terjadinya kejadian itu tiga hari lalu," kata SBY.

SBY mengatakan parpol di Koalisi Perubahan bekerja sama dengan baik. Apalagi, kerja sama telah dibangun sejak setahun lalu. Bahkan, satu pekan sebelumnya Anies menyampaikan kepada AHY untuk mendampinginya di Pilpres 2024.

Meski begitu, SBY mengerti dalam politik adalah hal yang biasa jika seseorang bersiasat dan berstrategi untuk mencapai kepentingan sendiri. Namun, menurut dia, strategi dan siasat yang dilakukan oleh Anies telah melewati batas etika dan moral politik.

"Saya tidak menyangka kalau tindakan itu sejauh ini. Menurut saya melebihi batas kepatutan moral dan etika dalam politik. Kasar," kata SBY.


(tmp)

#Politik #SBY #Pilpres2024 #SudirmanSaid