Breaking News

"Srikandi" Selamatkan Keuangan Pemko Padang

Corri Saidan

D'On, Padang (Sumbar),-
Penggunaan aplikasi sebagai media pelayanan kepada publik ternyata ampuh menyelamatkan keuangan negara. Tak heran jika setiap pemerintah daerah berlomba-lomba menggunakan aplikasi agar memudahkan masyarakat dan menyelamatkan keuangan daerah. 

Seperti di Pemko Padang. Pemerintah setempat sudah jauh-jauh hari menggunakan aplikasi "Srikandi". Aplikasi administrasi atau surat menyurat ini mampu menghemat belanja pemerintah setempat. 

Hal itu diakui Asisten III Setdako Padang Corri Saidan saat pertemuan dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Pemprov Sumbar tiba di Balaikota Padang, Rabu (27/9/2023). Menurutnya aplikasi "Srikandi" yang telah dibuat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dikembangkan di seluruh daerah di Indonesia. 

"Penggunaan 'Srikandi' telah mengurangi efisiensi anggaran kita," ucapnya. 

Dijelaskan Corri, Pemko Padang telah menggunakan "Srikandi" sejak Januari 2023 ini. Surat menyurat hanya melalui aplikasi. Tidak lagi menggunakan kertas. Surat menyurat menjadi efektif dan cepat. 

"Efisiensi anggaran kita untuk alat tulis kantor, cetak dan fotokopi hingga 70 persen,' katanya. 

Corri menekankan, Pemko Padang akan terus menggunakan aplikasi ini. Termasuk penggunaan aplikasi lain seperti tandatangan elektronik. Tandatangan elektronik tidak lagi dibubuhi di atas kertas, namun hanya lewat surat elektronik di aplikasi "Srikandi" tadi.

(Charlie)


#Srikandi #Padang