Breaking News

Tak Masalahkan Ganjar Pranowo Muncul di Tayangan Azan TV, MUI: Sangat Bagus

Ganjar Pranowo 

D'On, Jakarta,-
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas angkat bicara soal bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo muncul dalam tayangan azan di televisi swasta. Menurut Anwar, hal tersebut tidak menjadi masalah dan justru bagus karena memiliki muatan dakwah.

"Karena saya bukan seorang politisi, maka bagi saya pribadi peristiwa tayangan azan dengan memunculkan video Ganjar Pranowo tidaklah bermasalah bahkan hal demikian menurut saya sangat bagus," ujar Anwar, dalam keterangannya, Minggu (10/9/2023).

"Bahkan hal demikian menurut saya sangat bagus karena di dalamnya ada muatan dakwah yaitu mengajak orang untuk salat atau berbuat baik apalagi yang tampil itu adalah seorang tokoh yang merupakan bakal calon presiden," kata Anwar menambahkan.

Menurut Anwar, apa yang dilakukan oleh Ganjar sah-sah saja dan berdampak besar terhadap kehidupan keagamaan umat Islam. Anwar juga mempersilakan bacapres yang lain untuk melakukan hal yang sama dan serupa dengan yang dilakukan Ganjar.

"Namun, karena bangsa kita sekarang ini akan menghadapi pilpres tentu banyak orang mengaitkan masalah tersebut dengan masalah politik. Bila ini yang terjadi maka tentu hal demikian akan mengundang lahirnya pro-kontra dan kegaduhan," ungkap Anwar.

Dalam konteks itu, kata Anwar, perlu dipertimbangkan dan dicamkan dengan baik salah satu kaidah yang sangat dikenal dan terkenal di kalangan ulama fikih dan ushul fiqih, yakni dar'ul mafasid muqoddam 'ala jalbil masholih.

"Artinya meninggalkan kemafsadatan (keburukan) harus didahulukan daripada mengambil kemashlahatan. Oleh karena itu jika menyiarkan hal tersebut akan lebih besar mudharat dari pada manfaatnya atau akan menimbulkan kegaduhan dan pro-kontra di tengah-tengah masyarakat maka tentu hal-hal semacam itu lebih baik ditinggalkan saja," pungkas Anwar.


(B1)

#GanjarPranowo #MUI #GanjarPranowoAzan #Viral