Breaking News

5 Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Ilustrasi olahraga 

Dirgantaraonline.co.id,-
Salah satu cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh bugar secara keseluruhan, tetapi juga memberikan manfaat khusus bagi organ reproduksi.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Senin (16/10/2023), untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, bisa dilakukan salah satunya dengan senam kegel.

Senam kegel baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, membantu memperkuat otot-otot yang menopang kandung kemih, dan mencegah inkontinensia (kelainan buang air kecil atau mengompol).

Selain senam kegel, ada beberapa olahraga lain yang baik untuk kesehatan sistem organ reproduksi berikut ini.

Renang
Olahraga ini melibatkan gerakan tangan dan kaki yang membantu mengencangkan otot kaki. Selama berenang, otot-otot dasar pinggul dan bokong juga terlibat. Ini membantu memperbaiki kesehatan sistem reproduksi.

Aerobik
Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam ini juga meningkatkan pergerakan sperma dan kesuburan. Melakukan aerobik tiga kali seminggu selama 50 menit setiap sesi selama 16 minggu, dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Plank
Plank membantu memperkuat otot tubuh, terutama otot perut, pinggul, dan bokong. Olahraga plank adalah latihan stabilisasi yang memperbaiki kekuatan otot di daerah-daerah tersebut.

Yoga
Yoga dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Latihan yoga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada sistem reproduksi, meningkatkan produksi hormon testosteron, meredakan stres, dan meningkatkan libido. Olahraga yoga dapat dilakukan lima kali dalam seminggu.

Senam TRX (Total Body Resistance Exercise)
Senam TRX melibatkan penggunaan tali khusus untuk melatih kekuatan otot dengan menggunakan berat badan sendiri. Olahraga ini membantu melatih otot di seluruh tubuh, meningkatkan keseimbangan, menyehatkan jantung, membentuk badan, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.


(Rini)

#OrganReproduksi #Global #Olahraga #Gayahidup #LifeStyle