Breaking News

50 Dokter Disiapkan Tangani Kesehatan Capres-Cawapres

Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi

D'On, Jakarta,-
Kepala RSPAD Gatot Soebroto Albertus Budi Sulistya mengatakan, sebanyak 50 dokter menangani pemeriksaan kesehatan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter, baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan. Pemeriksaan akan dilaksanakan dengan durasi kurang lebih antara 8 sampai 10 jam. Sangat tergantung pengisian MMRI-nya dan sebagainya," kata Albertus Budi, Sabtu (21/10/2023).

Tim medis yang melakukan pemeriksaan untuk capres-cawapres terdiri dari dokter RSPAD dan kolegium terkait.

"Dalam hal ini kami sudah bersurat kepada Menteri Kesehatan dan telah memperoleh jawaban dari semua kolegium yang diperlukan untuk menjadi tim pemeriksa pada hari ini," ujar Albertus Budi.

Albertus mengatakan, timnya telah siap menjalankan pemeriksaan kesehatan ini secara profesional dan independen.

"Prinsip dari pemeriksaan yakni melaksanakan profesionalisme, independensi, dan pemeriksaan yang dapat dipercaya. Ini menjadi hal yang sangat basic dan sangat prinsip dan rutin kami laksanakan di RSPAD Gatot Soebroto," katanya.

Pada Sabtu pagi, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengikuti pemeriksaan Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari beserta jajaran anggota KPU terlihat menghadiri acara tersebut.

"Pada hari ini, Sabtu adalah kesempatan pertama untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim pemeriksa RSPAD Gatot Subroto. Pemeriksaan kesempatan ini untuk bakal paslon dan wakil pertama kali didaftar yaitu pasangan Amin," kata Hasyim.

Menurutnya, RSPAD Gatot Subroto telah siap untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seluruh bacapres-bacawapres. Pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi para capres-cawapres saat melakukan pendaftaran ke KPU.

"Yang perlu kami sampaikan bahwa RSPAD Gatot Subroto siap untuk melaksanakan mandat dari KPU RI untuk menyelenggarakan pemeriksaaan bakal capres dan cawapres untuk Pemilihan Umum tahun 2024. Pemeriksaan ini intinya supaya bisa melaksakan undang-undang yaitu bahwa bakal capres dan wapres itu sehat jasmasni rohani," jelasnya.


(*)

#TesKesehatanCapresdanCawapres #RSPAD #Kesehatan #Pilpres2024 #nasional