Breaking News

8 Makanan Sehat dan Baik Dikonsumsi Ketika Cuaca Panas

Ilustrasi makanan 

Dirgantaraonline.co.id,-
Beberapa hari terakhir wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), mengalami cuaca panas ekstrim. Cuaca panas membuat tubuh mengeluarkan banyak air dan elektrolit melalui keringat, menyebabkan tubuh kekurangan cairan, bahkan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi pada tubuh tidak dapat dianggap sebagai hal yang sepele. Ketika dehidrasi, tubuh akan merasakan lelah, sakit kepala, kulit kering atau pecah-pecah, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung menjadi cepat. Paling terparah, dapat menyebabkan kegagalan orang tubuh.

Dehidrasi dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan nutrisi. Dilansir dari Hello Magazine, Selasa (3/10/2023), berikut makanan sehat yang dapat dikonsumsi ketika cuaca panas.

Tomat
Tomat merupakan makanan yang memiliki banyak vitamin, seperti vitamin A, C dan K. Terlebih lagi, tomat bagus untuk menghilangkan dehidrasi. Tomat mengandung sekitar 93% sampai 94% air, dengan mengonsumsi tomat, Anda memiliki banyak manfaat selain membuat tubuh terhidrasi juga menjadi sehat.

Mentimun
Mentimun sebagian besar mengandung banyak air dan juga rendah kalori. Mentimun dapat dinikmati secara langsung atau diolah sebagai jus.

Nanas
Nanas cocok dikonsumsi untuk menghilangkan dehidrasi, karena nanas banyak mengandung air. Selain menambah cairan pada tubuh, nanas juga dapat menjadi obat peradangan. Nanas mengandung bromelain, enzim untuk mengurangi peradangan.

Air Kelapa
Siapa yang tidak tahu buah ini. Buah kelapa memiliki segudang manfaat, baik untuk dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai kebutuhan lainnya. Buah kelapa hampir 100% mengandung air, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, mampu meredakan dehidrasi dan menurunkan suhu tubuh yang terpapar panas.

Labu
Labu merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan air. Dalam per 100 gram labu, mengandung 26 kalori, sehingga labu mudah dicerna, dan juga baik untuk kesehatan jantung.

Mangga
Buah mangga menjadi salah satu buah yang banyak digemari, selain rasanya yang manis, buah ini juga dapat menyegarkan mulut dan tenggorokan. Kandungan yang terdapat dalam buah mangga sebagian besar terdiri dari air, sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca panas, baik itu dimakan langsung, atau diolah sebagai jus.

Semangka
Semangka 90% mengandung air, serta memiliki banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalsium, dan zinc. Karenanya, semangka sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Blewah
Blewah merupakan makanan yang sehat, serta mengandung banyak vitamin dan serat. Belewah sangat cocok dikonsumsi saat cuaca panas, karena mengandung vitamin C dan 90% kandungan air


(Rini)

#CuacaPanas #Buah-buahan #global #Gayahidup #Lifestyle