Breaking News

Bentrok Terjadi Antara PKL dengan Anggota Pol PP Padang, Sejumlah Personil Pol PP Luka Lebam dan 1 Unit Mobil Operasional Dirusak

Wakil walikota Padang tutun lihat kondisi Personil Pol PP yang terluka di Polresta Padang 

D'On, Padang (Sumbar),-
Aksi penyerangan dan pelemparan oleh oknum PKL terhadap Petugas Pol PP Padang mengakibatkan sejumlah personil luka lebam serta lampu rotari mobil Dalmas Satpol PP Padang hancur. Jumat (13/10) 2023, sore.

Insiden Ini terjadi sekira pukul 17.45, di saat petugas sedang melakukan pengawasan dan menertibkan terhadap PKL yang masih membandel dan berjualan di atas batu grib kawasan bibir pantai Kota Padang.

Sesuai dengan Perda 11 tahun 2005 para PKL tidak dibenarkan untuk berjualan di fasilitas umum secar khusus di bibir pantai. Namun, dalam pengawasan yang dilakukan petugas tersebut, masih didapati adanya pedagang yang melanggar di kawasan Jalan Ujung Belakang Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Saat petugas hendak menertibkan sejumlah kursi ke atas mobil dalmas petugas, maka terjadi penolakan dengan memaki-maki petugas hingga mengeluarkan kata-kata kasar. 

Bahkan salah seorang pedagang perempuan nekat menaiki kendaraan Dalmas untuk menurunkan barang-barang miliknya meski kendaraan masih berjalan. Personil yang berada di atas kendaraan terpaksa menyelamatkan perempuan tersebut agar tidak jatuh dari kendaraan dalmas yang melaju.

Tidak lama kemudian, terjadi penyerangan secara brutal terhadap kendaraan Pol PP, serta melakukan pelemparan mengunakan batu dan kayu ke petugas yang sedang melakukan pengawasan di lokasi.

Melihat situasi yang tidak kondusif petugas ditarik mundur dan mencoba menyelamatkan diri di salah satu klinik untuk menghindari amukan masa. 

Situasi semakin memanas para PkL yang anarkis tetap melakukan penyerangan, beruntung dalam kondisi tersebut tim klewang Polresta Padang datang dan membubarkan PKL yang anarkis dengan melepaskan tembakan peringatan. 

Dalam insiden tersebut, salah satu Kabid Satpol PP mengalami luka memar dibagian kepala dan punggung serta satu orang anggota juga mengalami luka memar di bagian kaki.  

Terkait hal ini Wakil Walikota langsung merespon dengan mendatangi Polresta guna ingin melihat kondisi personil yang menjadi sasaran amukan masa tersebut. 

(*)

#PolPP #Padang #PKL #Peristiwa #PantaiPadang