Breaking News

Didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya, Mentan SYL Antar Surat Pengunduran Diri ke Istana

SYL Serahkan Surat Pengunduran diri jadi Menteri Pertanian 

D'On, Jakarta,-
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendatangi Istana Negara, Jakarta untuk mengantarkan surat pengunduran diri sebagai Mentan, Kamis (5/10/2023). Didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, SYL diterima oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Kedatangan SYL di Kantor Kemenseneg sekitar pukul 17.35 WIB.

“Sore hari ini saya datang meminta waktu bapak Presiden dan diberikan kesempatan melalui Mensesneg untuk menyampaikan usul dan surat pengunduran diri saya sebagai menteri,” kata SYL sebelum meninggalkan kompleks Istana.

“Saya harap ini tidak akan sedikit pun mengganggu kinerja pak Presiden, lebih baik saya ambil sikap seperti ini,” ujarnya.

SYL mengaku belum mengetahui secara pasti mengenai kasus hukum yang sedang dihadapinya saat ini. Dia bahkan mengetahui hal itu melalui media sosial saat sedang melakukan pertemuan bilateral di luar negeri.

“Saya belum tahu ada apa-apa, saya cuma baca di medsos. sementara saya berhadapan dengan proses bilateral, dengan menteri Italia, menteri Spanyol, bantuan dengan FAO (Food And Agriculture Organization) dan Ifat (Industrial Food Waste),” kata Syahrul.

Syahrul mengaku siap menghadapi proses hukum secara profesional. Dia juga berharap agar masyarakat tidak memberikan stigma atau spekulasi negatif sebelum proses hukum selesai.

“Saya harus siap menghadapi secara serius, walaupun saya berharap jangan ada stigma dan persepsi yang menghakimi saya terlebih dahulu karena biarkanlah proses hukum berlangsung dengan baik dan saya siap menghadapi,” kata SYL.

Dia juga siap jika dipanggil KPK “Haruslah, sebagai warga negara yang baik,” tegasnya.

Mensesneg Pratikno mengatakan akan segera melaporkan surat pengunduran diri SYL tersebut kepada Presiden Jokowi.

“Jadi surat itu sudah kami terima baru saja. Oleh karena itu segera akan saya laporkan pada bapak Presiden. Sebagai tindak lanjut, saya menunggu arahan bapak presiden,” kata Pratikno seusai menerima SYL.

Pratikno menjelaskan, kemungkinan dari tindak lanjut dari surat pengunduran diri SYL tersebut adalah penerbitan Surat Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian.

“Tentu saja kita harus mencari orang yang akan melaksanakan tugas sebagai menteri pertanian,” kaya Pratikno

Pratikno mengatakan, SYL dijadwalkan akan menghadap Presiden Jokowi pada Jumat (6/10/2023) besok.


(*)

#MentanSYL #SYL #SyahrulYasinLimpo #Korupsi #KorupsiKementan