Breaking News

Firli Bahuri Ngaku Pertemuan dengan SYL Sebelum Penyelidikan Kasus Kementan

Viral, Foto Pertemuan Firli Bahuri dengan SYL

D'On, Jakarta,-
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengklaim bahwa pertemuan antara dirinya dan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL, di GOR bulutangkis telah terjadi jauh sebelum penyelidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian dimulai. Kasus tersebut juga ikut menyeret SYL.

Firli menjelaskan, KPK memulai penyelidikan kasus di Kementerian Pertanian sekitar bulan Januari 2023. Dia juga mengakui bahwa dia pernah bertemu dengan SYL, tetapi pada saat itu SYL belum memiliki status sebagai pihak yang sedang diselidiki oleh KPK.

"Pertemuan kami di lapangan bulutangkis dengan saudara Syahrul Yasin Limpo terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya pada 2 Maret 2022," ungkap Firli Bahuri, Senin (9/10/2023).

Firli menegaskan, pertemuan itu berlangsung di tempat terbuka. Kehadiran SYL juga bukan atas undangan dirinya.

"Saudara Syahrul Yasin Limpo pada saat itu tidak memiliki status sebagai tersangka, terdakwa, terpidana, atau pihak yang sedang diselidiki oleh KPK," tambah Firli Bahuri.

Dokumentasi foto yang memperlihatkan Firli Bahuri bersama SYL tengah beredar luas di masyarakat. Foto tersebut telah menjadi sumber polemik, terutama karena munculnya dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang sedang diselidiki oleh KPK.

Dalam foto-foto tersebut, Firli Bahuri terlihat santai duduk bersebelahan dengan SYL, yang mengenakan kemeja dan celana jeans, sambil ditemani tiga potong jagung.

Polemik tentang kedekatan ini membuat Firli Bahuri dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK atas dugaan pelanggaran etika. Laporan ini diajukan oleh Komite Mahasiswa Peduli Hukum dan mengacu pada peraturan bahwa anggota KPK tidak boleh bertemu dengan pihak yang sedang diselidiki oleh lembaga antikorupsi tersebut.

(B1)

#FirliBahuri #SYL #SyahrulYasinLimpo #Viral #PertemuanFirlidanSYL