Breaking News

Hindari Kecelakaan, Ini 10 Tips Berkendara Aman di Malam Hari

Ilustrasi 

Dirgantaraonline.co.id,-
Berkendara aman di malam hari adalah pengalaman yang berbeda dengan berkendara di siang hari. Dengan cahaya yang terbatas dan visibilitas yang menurun, berkendara pada malam hari bisa menjadi tantangan yang nyata.

Namun, dengan beberapa langkah pencegahan dan praktik yang tepat berkendara malam hari bukan lagi menjadi ancaman bagi pengendara. Berikut tips berkendara aman pada malam hari.

Periksa Lampu Kendaraan
Pastikan semua lampu kendaraan Anda berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein. Pastikan kaca lampu bersih dari debu atau kotoran.

Perhatikan Jalan dan Lalu Lintas
Lebih berhati-hati saat berkendara di malam hari. Perhatikan lalu lintas di sekitar dan jaga jarak yang aman dengan kendaraan lain.

Bijak Menggunakan Lampu Kendaraan
Ketika berada di luar kota atau di jalan yang gelap, gunakan lampu utama (high beam) saat tidak ada kendaraan lain di depan Anda. Namun, saat ada kendaraan lain, beralih ke lampu rendah (low beam) untuk menghindari mengganggu pengemudi lain.

Menjaga Kecepatan
Terkadang kondisi jalan pada malam hari memang terlihat mencekam, hal ini banyak membuat pengendara memacu kendaraan mereka dengan kecepatan di atas rata-rata.

Penting bagi pengendara untuk selalu mengatur kecepatan, karena bisa mengurangi terjadinya kecelakaan. Pengendara harus tahu kondisi jalan yang sedang mereka lalui.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Obat-obatan Terlarang
Hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang sebelum atau saat berkendara, karena dapat memengaruhi kemampuan dan mengganggu fokus untuk berkendara secara aman.

Istirahat yang Cukup
Pengendara tidak dianjurkan berkendara dalam kondisi mengantuk atau lelah. Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan karena kondisi supir mengantuk dan akhirnya tidak fokus ketika berkendara. Sebelum berkendara, Anda harus memiliki istirahat yang cukup.

Periksa Kondisi Kendaraan
Hal yang tidak kalah penting yaitu memastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. Ketika Anda diharuskan untuk berkendara dengan jarak tempuh yang jauh, pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, termasuk tekanan udara pada ban yang cukup, rem berfungsi dengan baik, dan sistem lainnya yang berfungsi dengan baik.

Kondisi Fisik
Memastikan apakah fisik pengendara siap membawa transportasi merupakan hal yang paling penting. Jika dalam keadaan sakit sebaiknya untuk tidak berkendara terlebih dahulu. Jika merasa tubuh sudah membaik dan sehat, Anda bisa lanjut berkendara.

Siapkan Perlengkapan Darurat
Sebagai pengendara pasti tidak tahu musibah apa yang akan terjadi. Anda harus membawa peralatan darurat, seperti P3K sebagai perlengkapan jika terjadi sesuatu, membawa perkakas yang dibutuhkan ketika terjadi kerusakan pada kendaraan dan perlengkapan lainnya.

Menggunakan Kacamata Anti Glare
Jika mata tidak kuat akibat terpapar cahaya dari kendaraan lain saat berkendara pada malam hari, disarankan menggunakan kacamata anti glare atau anti silau. Kacamata ini berfungsi sebagai penghambat masuknya cahaya ke mata.

(Rini)

#Tips #BerkendaraanSaatMalam #Global #Gayahidup #LifeStyle