Breaking News

Jokowi Restui Gibran Jadi Cawapres

Gibran saat Acara Indonesia Memanggil Gibran di Tugu Proklamasi 

D'On, Surabaya (Jatim),-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan doa dan restunya terhadap keputusan Gibran Rakabuming Raka, anaknya, yang direkomendasikan oleh Partai Golkar sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

Jokowi menjelaskan bahwa sebagai orang tua, tugasnya hanya mendoakan dan merestui segala keputusan yang diambil oleh Gibran, yang kini sudah dewasa. Dia menegaskan pentingnya untuk tidak terlalu campur tangan dalam urusan tersebut. "Sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan," kata Presiden Jokowi setelah memimpin Upacara Hari Santri 2023 di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023) dikutip Antara.

Terkait kepastian apakah Gibran akan menjadi pasangan Prabowo dalam Pilpres 2024, Jokowi menolak memberikan kepastian. Dia mengarahkan para awak media untuk bertanya langsung kepada koalisi partai politik yang mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024.

Presiden Jokowi menekankan bahwa hal ini merupakan wilayah partai politik, koalisi partai politik, atau gabungan partai politik, dan bukan merupakan urusan presiden.

Jadwal pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, dimulai dari tanggal 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) mengatur bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden harus diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi minimal 20% dari jumlah kursi DPR, atau memperoleh 25% dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen, sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024 harus mendapatkan dukungan minimal 115 kursi di DPR. Alternatifnya, pasangan calon dapat diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.


(B1)

#GibranRakabumingRaka #Jokowi #Pilpres2024 #nasional