Breaking News

Kasad Agus Subiyanto: Senjata Tidak Menyelesaikan Konflik di Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI, yakni Letjen Agus Subiyanto menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman

D'On, Jakarta,-
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan permasalahan konflik di Papua tidak dapat diselesaikan menggunakan senjata. Hal ini diungkapkannya seusai dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (25/10/2023) pagi.

Agus menyampaikan, Jokowi menugaskan dirinya agar penyelesaian konflik di Papua menggunakan konsep yang melibatkan TNI, Polri, dan seluruh kementerian dan lembaga.

"Waktu saya menghadap Bapak Presiden, memang penanganan Papua ini kita sudah 22 tahun belum selesai. Jadi harus ada konsepnya, tidak hanya TNI dan Polri yang menyelesaikan. Itu harus semua, dengan kementerian dan lembaga," ungkap Agus.

"Karena di sana kalau hanya menggunakan senjata itu tidak akan selesai, mungkin kesejahteraannya akan kita tingkatkan tapi keamanannya tetap terjaga," sambungnya.

Agus juga mengaku bersyukur telah diberikan amanat jabatan dan optimistis bisa menjalankan tugas sebagai Kasad.

"Mungkin yang saya lakukan nanti akan melanjutkan program-program yang sudah dilakukan pejabat, terutama untuk membantu kesulitan masyarakat. Ini juga kita akan berkolaborasi dengan kementerian, dengan seluruh kementerian untuk membantu program-program pemerintah yang sudah dicanangkan," papar Agus.

Diketahui, Agus Subiyanto sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala staf TNI Angkatan Darat. Ia merupakan lulusan akademi militer tahun 1991 dan berasal dari kecabangan Infanteri Kopassus.


(B1)

#KasadAgusSubiyanto #KonflikPapua #Militer #TNI