Breaking News

Ketua KPK Firli Bahuri Tersandung Dugaan Pemerasan SYL, Begini Kata Kapolri

Pertemuan Firli Bahuri dengan SYL Beberapa Waktu Lalu

D'On, Jakarta,-
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, bahwa dugaan kasus pemerasan oleh pimpinan KPK kepada eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah menyita perhatian publik.

Mantan Kabareskrim ini meminta agar Polda Metro Jaya berhati-hati dan cermat dalam menangani kasus tersebut. Termasuk Mabes Polri yang saat ini memberikan asistensi dalam penanganan kasus.

"Yang jelas, karena kasusnya menjadi perhatian publik, saya sudah perintahkan agar prosesnya harus betul-betul ditangani secara profesional," kata Sigit setelah apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/20/2023).

"Oleh karena itu, di dalam setiap tahapannya, dampingi, Bareskrim, Propam saya minta turun, sehingga setiap tahapan yang berjalan itu betul-betul profesional. Itu yang saya minta sehingga semuanya bisa dipertanggungjawabkan," sambungnya.

Sigit enggan berkomentar lebih lanjut terkait penanganan kasus yang menyeret pejabat KPK itu, termasuk apakah pelaku dugaan pemerasan merupakan Ketua KPK Firli Bahuri.

"Ya itu sangat teknis, pesan saya dilaksanakan cermat, profesional, tidak arogan, kami membuka ruang agar ini bisa diawasi bisa disupervisi oleh KPK atau unsur eksternal lainnya," katanya.

"Yang jelas saya sudah perintahkan penanganan harus cermat, hati-hati, profesional karena ini dipertanggungjawabkan ke publik," pungkasnya.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya bakal melakukan pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri terkait dugaan kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Ya kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan. Nanti kita lihat," kata Irjen Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto kepada wartawan, Jumat (13/10).

Karyoto menyebut, Firli dimintai keterangan berkaitan dengan kasus dugaan pemerasan. Polisi akan mencari kaitan antara Firli dengan kasus tersebut.

Kendati demikian, Karyoto tidak menjelaskan secara pasti kapan pemanggilan Firli dilakukan. "Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, aku nggak tahu secara detail," kata Karyoto.


(fmi)

#FirliBahuri #Pemerasan #SYL #PoldaMetroJaya