Breaking News

Kondisinya Membaik, Luhut: I Shall Return

Luhut Binsar Pandjaitan 

D'On, Jakarta,-
 Kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan disebutkan membaik. Tak hanya itu, Luhut menitipkan pesan bahwa dirinya akan kembali.

Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin di sela-sela ajang BNI Investor Daily Summit 2023 di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

"Pak Luhut is recovering well (kondisinya membaik, Red). Saya baru bertemu beliau kemarin, tadi malam. Salam untuk semua," ucap Rachmat kepada wartawan.

"Pesannya beliau adalah: I shall return (saya akan kembali)," imbuhnya.

Meski menyebut kondisinya membaik, tetapi Rachmat enggan berkomentar terkait penyakit yang dialami Luhut. Diketahui, Luhut saat ini sedang dirawat di Singapura.

Dalam unggahannya di akun Instagram @luhut.pandjaitan,pada 17 Oktober 2023 lalu, Luhut mengatakan kondisi kesehatannya saat ini sudah berangsur membaik, tetapi diakui Luhut proses pemulihannya masih membutuhkan waktu.

Luhut meyakini, membaiknya kondisi kesehatan dia dalam beberapa hari terakhir tidak terlepas dari doa keluarga, teman, dan juga seluruh masyarakat Indonesia.

"Saat ini saya sudah mendapatkan izin untuk beraktivitas, meskipun baru sebatas melihat dan mendengar laporan dari beberapa pekerjaan yang telah saya tinggalkan selama beberapa minggu," ungkap Luhut.

Selama dirawat di Singapura, Presiden juga sudah menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Menko Marves Ad Interim. Di tangan Erick, Luhut bersyukur beberapa program yang sudah direncanakan bisa berjalan dengan baik. Menurut Luhut, hal ini bisa terlaksana karena semua bekerja secara terintegrasi.

Luhut juga mengaku sudak tak sabar ingin segera bekerja. Bahkan ia menyebut kemajuannya dalam proses pemulihan ini juga disebabkan oleh rasa tidak sabarnya untuk kembali bekerja, dan juga karena melihat seluruh tim bekerja secara terintegrasi.

"Untuk itu, saya berharap kita semua tetap kompak dan bersatu, meskipun kita memiliki perbedaan pendapat dan pilihan," kata Luhut.

Dari Singapura, Luhut juga berpesan agar seluruh elemen bangsa bisa bersama-sama mengumpulkan energi positif untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang hebat.

Sebelumnya dibawa ke Singapura, Luhut bercerita kondisi kesehatannya tiba-tiba menurun. Dia mengalami rasa lelah yang berbeda dari biasanya seusai menghadiri suatu acara. Sang istri kemudian membawa Luhut ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Luhut akhirnya menjalani proses pemulihan di Singapura setelah mendapat tawaran dari Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan dan Senior Minister Singapura Teo Chee Hean, sekaligus menjalani pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih menyeluruh.


(B1)

#LuhutBinsarPandjaitan #LBP #MenkoMarves #nasional