Breaking News

Maju Capres, Prabowo Ajukan Surat Izin ke Jokowi

Prabowo dan Jokowi 

D'On, Jakarta,-
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengajukan surat izin kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

"Sekretariat Negara telah menerima dua surat dari Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto, kepada Bapak Presiden," ungkap Ari dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (20/10/2023).

"Surat pertama adalah surat permohonan persetujuan dari Bapak Presiden untuk dicalonkan oleh partai politik dan gabungan partai politik sebagai capres," sambungnya.

Selain itu, Prabowo mengajukan surat permohonan cuti untuk mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, kejelasan tanggal untuk mendaftarkan diri tersebut tidak dicantumkan dalam isi surat.

"Surat kedua adalah surat permohonan izin cuti untuk pendaftaran capres tapi waktunya akan disusulkan," ungkap Ari.

Ari menjelaskan, Prabowo mengirimkan surat sejak Rabu (18/10/2023), kemudian diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara pada Kamis (19/10/2023).

Diketahui, Prabowo sudah diusung sebagai capres oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PPP, PBB, Partai Gelora, dan Partai Garuda. Namun, hingga saat ini, Prabowo dan partai koalisi belum menentukan cawapres.

Selain putra sulung Jokowi yang kini menjabat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, nama lain yang digadang-gadang menjadi bakal cawapres pendamping Prabowo adalah Menteri BUMN Erick Thohir.


(B1)

#PrabowoSubianto #Pilpres2024 #Politik #nasional