Breaking News

Makna Qadarullah dan Kapan Sebaiknya Diucapkan

Ilustrasi orang berdoa 

Dirgantaraonline.co.id,-
Kalimat qadarullah sudah tidak asing lagi di telinga, terlebih bagi umat Islam. Qadarullah memiliki arti sebagai ketetapan sebuah takdir yang diberikan. Kalimat ini merupakan kalimat yang baik, dan membuat hati menjadi lebih tenang akan takdir yang diterima.

Makna Qadarullah
Qadarullah secara harfiah adalah ketetapan atau takdir Allah SWT, baik itu pahit atau manis. Rasulullah SAW menjelaskan makna kalimat qadarullah dalam HR Muslim:


اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ


Artinya: "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah."

"Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, 'Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu.' Tetapi katakanlah, 'Qadarullah wa ma sya-a fa’al' (Hal ini telah ditakdirkan Allah dan Allah berbuat apa saja yang dikehendaki-Nya). Karena ucapan 'seandainya' akan membuka pintu perbuatan setan."

Kalimat qadarullah juga termasuk dalam kalimat tasbih. Kalimat ini, membantu kita untuk menerima takdir ketetapan yang sudah diberikan oleh Allah SWT, baik takdir yang diharapkan maupun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kapan Mengucapkan Kalimat Qadarullah
Qadarullah dianjurkan untuk diucapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan merupakan salah satu bentuk keyakinan akan adanya takdir yang terjadi, baik itu sesuai harapan atau tidak.

Bagi umat Islam, takdir itu sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Pada momen ini, kalimat qadarullah sangat dianjurkan untuk diucapkan. Dengan mengucapkan kalimat qadarullah, kembali membawa kita pada keyakinan adanya Allah SWT, karena setiap takdir dan ketetapan merupakan kehendak Allah SWT. Baik buruknya pasti akan terdapat hikmah dan pembelajaran di dalamnya.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa hikmah jika mengamalkan Qadarullah baik dalam pengucapan kata atau dalam hati.

1. Dapat membantu menghilangkan perasaan putus asa jika mengalami cobaan atau musibah dalam hidupnya.

2. Mendapatkan ketenangan, kedamaian dalam hati, karena selalu ingat akan adanya Allah SWT.

3. Selalu berprasangka baik terhadap takdir yang ditetapkan Allah, baik atau buruk.

4. Tidak berperilaku sombong dan lupa diri, mengingatkan manusia lemah dan tidak berdaya terhadap takdir yang sudah ditetapkan.


(Rini)

#Qadarullah #MaknaQadarullah #Islami #Religi #Global