Breaking News

Martin Crash, Bagnaia Juara di Mandalika

Bagnaia juara di Sirkuit Mandalika 

D'On, Lombok Tengah (NTB),-
 Juara bertahan MotoGP dari tim Ducati, Francesco Bagnaia berhasil menjuarai balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 (MotoGP Mandalika 2023) yang berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (15/10/2023).

Kemenangan spektakuler diraih oleh pembalap berjuluk Pecco itu, mengingat pembalap pabrikan Ducati itu mampu merebut posisi teratas setelah start dari posisi ke-13.

Lomba yang berlangsung dalam kondisi cuaca panas dan lembap itu dimulai dengan Luca Marini start dari posisi terdepan, diikuti oleh Maverick Vinales dan Aleix Espargaro. Keputusan berani dibuat Aleix Espargaro yang menggunakan ban belakang soft.

Jorge Martin yang sebelumnya menjuarai sprint race, Sabtu (14/10/2023) meloncat dari posisi keenam ke posisi pertama. Francesco Bagnaia juga menunjukkan kelasnya dengan naik dari posisi ke-13 ke posisi keenam dalam tiga lap pertama.

Terjadi insiden di lap keempat saat Marini terjatuh akibat tabrakan dengan Brad Binder. Sementara Bagnaia terus mengejar, dan pada lap kelima, Binder mendapatkan hukuman long lap.

Jorge Martin memimpin lomba dengan selisih 1,5 detik dari Vinales, diikuti oleh Bagnaia dan Aleix Espargaro.

Lap ke-8, Marc Marquez yang sebelumnya terjatuh di balapan sprint race, kembali mengalami kecelakaan di tikungan 13, setelah bersentuhan dengan Binder dan Miguel Oliveira. Dengan demikian, Marquez yang musim depan membalap untuk Gresini Ducati itu belum pernah meraih poin sama sekali di Mandalika, setelah di balapan 2022 juga gagal start dan beberapa kali terjatuh di latihan dan fase kualifikasi.

Pada lap ke-14, giliran Jorge Martin yang terjatuh di tikungan ke-11. Ia melakukan kesalahan yang mengakibatkan motornya melintir dan memasuki area gravel.

Pada lap ke-16, giliran Johann Zarco yang terjatuh di tikungan yang sama dengan Martin. Bagnaia secara perlahan mendekati Vinales. Selisihnya akhirnya kurang dari satu detik antara keduanya.

Pertarungan semakin seru ketika Bagnaia berhasil mendekati Vinales. Pada lap 19, Bagnaia berhasil menyalip Vinales di tikungan ke-10 dan memimpin balapan. Namun, Vinales tidak menyerah dan berusaha keras untuk merebut kembali posisi teratas.

Pada lap terakhir, Bagnaia berhasil mempertahankan keunggulannya dan meraih kemenangan gemilang di MotoGP Indonesia. Vinales finis di posisi kedua, diikuti oleh Quartararo yang berhasil merebut posisi ketiga.

Kemenangan ini membuat Bagnaia kembali mengambil alih posisi klasemen sementara dari Jorge Martin. Bagnaia mengoleksi 353 poin, unggul 18 angka dari Martin. Marco Bezzecchi yang finis kelima di Mandalika berada di posisi ketiga klasemen sementara berjarak 38 poin dari Martin.


(*)

#MotoGP #SirkuitMandalika #pecco #Olahraga #BalapMotor