Breaking News

Meredakan Mual Akibat Asam Lambung, Ini 5 Makanan yang Patut Dicoba

Ilustrasi Asam Lambung 

Dirgantaraonline.co.id,-
 Ketika asam lambung kambuh, perut biasanya terasa mual, dan nafsu makan hilang. Mengabaikan kondisi ini bisa membahayakan tubuh karena menyebabkan kelemahan dan ketidakmampuan untuk beraktivitas.

Seperti kejadian yang viral di media sosial belum lama ini, pemilik akun TikTok @indahkirei5, mengalami penurunan berat badan drastis hingga 25 kg akibat asam lambung parah. Keadaan ini membuatnya sering berbaring tidur di kasur dan mengalami panas tinggi serta mual secara berkala.

Sebelum kondisi asam lambung memburuk, sangat penting untuk segera mencari perawatan medis dengan menghubungi dokter. Namun, saat mengalami mual, tidak perlu menghindari semua makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu meredakan mual akibat asam lambung, seperti yang dikutip dari Everyday Health Senin (23/10/2023).

1. Apel
Apel mengandung serat yang dapat membantu menghilangkan bahan kimia penyebab mual dari sistem pencernaan Anda. Namun, berhati-hatilah dengan jumlah serat yang Anda konsumsi, karena terlalu banyak serat sekaligus bisa membuat mual lebih buruk.

"Serat memperlambat pencernaan sehingga memperlambat pergerakan usus, yang dapat membantu meredakan mual," kata Erin Palinski Wade, seorang ahli gizi dan penulis Diet Lemak Perut untuk Dummies.

Namun, ia juga memperingatkan bahwa serat yang berlebihan dapat memicu peningkatan rasa mual. Sebaiknya, konsumsi apel utuh sebagai camilan, namun jika Anda kesulitan mencerna buah apel, Anda bisa mencoba minum jus apel saat merasa mual.

2. Biskuit
Makanan tinggi pati seperti roti dan biskuit dapat membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut yang mual. "Sifat biskuit yang hambar membantu memuaskan rasa lapar tanpa bau atau rasa yang dapat meningkatkan mual," kata Wade. Makanan yang bertepung juga dapat membantu menyerap asam lambung dan meredakan mual, namun, konsumsilah biskuit secara perlahan dan teratur.

3. Air mineral
Menyeduh segelas air putih akan membantu menjaga hidrasi Anda dan menghindari sakit kepala yang sering terjadi bersamaan dengan mual. Minumlah air secara perlahan untuk mencegah memperburuk rasa mual.

"Minum cairan mencegah dehidrasi, tetapi minum terlalu banyak sekaligus bisa memperburuk rasa mual," tambah Wade.

4. Pisang
Jika Anda mengalami mual dan dehidrasi, cobalah makan sepotong pisang. Pisang mengandung kalium, yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan muntah. Kalium adalah elektrolit yang diperlukan tubuh saat mengalami mual.

Pisang juga mengandung tepung dan mengikat yang dapat membantu mengurangi diare. Dokter juga menyarankan untuk mulai mengonsumsi makanan hambar seperti pisang ketika Anda sudah siap untuk mengonsumsi makanan padat lagi.

5. Kacang
Kekurangan protein dapat memperburuk rasa mual, jadi carilah makanan berprotein, seperti kacang-kacangan yang mudah dicerna. Makanan ini akan cepat mengisi kembali energi Anda yang terkuras dan membantu meredakan mual karena asam lambung.

"Mual karena rasa lapar yang berlebihan, gula darah rendah, atau kehamilan mungkin bisa disembuhkan dengan makanan berprotein dan lemak dalam kacang-kacangan," tambahnya.

Mengonsumsi makanan ini dengan bijak bisa membantu meredakan mual akibat asam lambung, tetapi jika kondisi Anda terus memburuk atau berlangsung lama, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan medis yang tepat. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika diperlukan.


(Rini)

#AsamLambung #TipsSehat #Global #gayahidup #lifestyle