Breaking News

Pengurus KPPI Dilantik, Diharapkan Meningkatkan Peran Perempuan dalam Menyukseskan Pemilu

KPPI

D'On, Padang (Sumbar),-
Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang, Tarmizi Ismail terus mendorong Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) agar memberikan motivasi dan edukasi terkait keterlibatan perempuan di dunia politik.

Tarmizi menyebutkan, KPPI mempunyai peran penting dan eksistensi tersendiri agar organisasi tersebut bisa mengayomi semua organisasi perempuan di Kota Padang.

"Dengan dilantiknya pengurus dapat memberikan motivasi dan edukasi sekaligus advokasi terkait  keterlibatan perempuan di dunia politik, ini tentunya menjadi target yang digagas bersama pengurus," kata Tarmizi saat memberi arahan dalam pelantikan DPC KPPI Kota Padang periode 2022-2027 di Gedung Youth Center, Selasa (24/10/2023). 

Tarmizi menjelaskan, tujuan dari pemilu untuk melahirkan semangat demokrasi yang telah diatur dalam Undang-undang, sejalan dengan itu bagaimana eksistensi perempuan dalam menghadapi pemilu 2024.

"Pemilu 2024 akan didominasi  milenial dan Gen Z, inilah peran dari kita agar mampu menjangkau dan memastikan mereka memiliki kemampuan dalam menyikapi perhelatan di 2024. Ini menjadi tugas kita bagaimana mengenalkan dan mengedukasi pemilih  pemula dalam menyukseskan perhelatan demokrasi," kata Tarmizi.

Sementara itu, Ketua DPC KPPI terpilih, Elly Thrisyanti mengatakan dengan dilantiknya pengurus baru harus cepat bergerak ke depan, perempuan harus bangkit dan eksis dalam berpolitik. 

"Adanya KPPI memberikan ruang bagi perempuan dalam berpolitik, secara kemampuan kita sama,  namun secara kodrat tidak bisa melebihi laki-laki. dengan organisasi ini, perempuan dapat menunjukan eksistensinya di bidang politik," terangnya.

Pihaknya menjelaskan fokus kerja KPPI adalah melakukan pemberdayaan perempuan di bidang politik dengan dua strategi yaitu advokasi bersama stakeholder dan  "Capacity Building" yaitu kemampuan etos kerja untuk  bisa ikut ke lapangan.

"Bagaimana perempuan turun ke lapangan untuk  masyarakat, mengurangi permasalahan dan mencari solusi. KPPI merupakan Civil Society untuk melakukan pemberdayaan perempuan di bidang politik," jelas Elly.

Pada periode ini Ketua DPC KPPI kota Padang diamanahkan kepada Elly Thrisyanti, Wakil Ketua I Elva Zulani, Wakil Ketua II Endang Nila Sari, Wakil Ketua III  Nova Rinati Melza, Wakil Ketua IV Ziska Reni, Wakil Ketua V  Yeniwati Bakri, Wakil Ketua VI  Azmiarti. Jabatan sekretaris diemban oleh Eri Novrianti,  Bendahara Devi Febrida. 

Selanjutnya Koordinator Padang I Yuhilda Darwis, Padang II Salisma, Padang III Dewi Susanti, Padang IV Srino Putri, Padang V Anik Koswara.

Koordinator bidang pengembangan organisasi  dan  diklat Linda Wati, bidang politik dan kerja sama Desmawati, bidang advokasi dan jaringan Lusiana, bidang kebudayaan Fony Aslim, bidang media dan  kampanye  publik Irawati dan bidang sosial kemasyarakatan Halida. 

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua KPPI Sumbar, Tasnidar.

(MA/Charlie)


#KPPI #Padang #Pemilu2024