Breaking News

Polri Masih Verifikasi 12 Senpi yang Ditemukan di Rumah Dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo

Rumah Dinas Mentan SYL 

D'On, Jakarta,-
 Bareskrim Polri bersama Badan Intelijen dan Keamanan (BIK) Polri masih melakukan verifikasi 12 senjata api (senpi) yang ditemukan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Sampai saat ini masih diverifikasi oleh Bareskrim Polri bekerja sama dengan BIK karena untuk pendataan senjata api adanya di BIK, yang pasti bahwa barang tersebut sudah diterima oleh Bareskrim dan untuk segera ditindaklanjuti untuk diverifikasi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan, Kamis (5/10/2023).

Menurut Sandi, dari verifikasi itu nantinya dapat diketahui legalitas dari senpi tersebut, dokumentasinya, hingga jenis senjatanya.

Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengambil alih kasus temuan 12 senpi yang ditemukan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Adapun sebelumnya kasus tersebut ditangani oleh Polda Metro Jaya (PMJ).

"Terkait 12 senpi yang hasil penggeledahan KPK kemarin saat ini 12 senpi tersebut sudah diamankan di Baintelkam Polri. Saat ini penyelidikan, masih penyelidikan. Saat ini ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Bareskrim Polri, Selasa (3/10/2023).

Menurut Ramadhan, belasan senpi itu nantinya akan diteliti dan dicocokan dengan data Baintelkam Polri. Sebelumnya, Polda Metro Jaya menerima titipan 12 senjata api (senpi) yang berasal dari rumah dinas Mentan SYL.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, senpi tersebut ditemukan saat KPK menggeledah rumah dinas SYL di kompleks Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Kamis sore (28/9/2023).

"Benar kita telah menerima titipan 12 senpi, yang ditemukan oleh KPK," ujar Trunoyudo saat dihubungi, Jumat (29/9/2023).

Diketahui, KPK mengungkap hasil penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian SYL di kompleks Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan Kamis (28/9/2023) sore.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah barang bukti, mulai dari uang hingga senjata api.


(B1)

#SenjataApi #SYL #SyahrulYasinLimpo #Polri