Breaking News

Resmi, Prabowo-Gibran Jadi Peserta Pilpres 2024

Pasangan Prabowo-Gibran saat Pendaftaran ke KPU 

D'On, Jakarta,-
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi terdaftar sebagai peserta Pilpres 2024, setelah melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (25/10/2023) pukul 12:00 WIB. Prabowo menyampaikan bahwa ia akan mengikuti proses seluruh proses dan akan membawa visi misi untuk melanjutkan pembangunan dan mengantarkan Indonesia maju.

“Baru saja kami datang, menyerahkan berkas sebagai langkah untuk kami maju sebagai calon presiden dan wakil presiden untuk pemilahan umum yang akan datang. Saya dari perwakilan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak yang membantu pendaftaran hari ini. Kami mengikuti semua proses dengan membawa visi dan strategi untuk melanjutkan pembangunan dan mengantar Indonesia maju dan makmur," ujar Prabowo.

Calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor KPU pukul 11.20 WIB. Keduanya disambut ribuan pendukung yang memadati Jalan Imam Bonjol.

Menggunakan mobil jip terbuka buatan Pindad, pasangan ini berkeliling melewati ruas jalan dan menyapa pendukung mereka. Mereka akhirnya tiba di Kantor KPU sekitar pukul 11.20 WIB.

Saat Prabowo-Gibran datang, mereka didampingi oleh para ketua umum partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), termasuk Airlangga Hartarto dari Partai Golkar, Zulkifli Hasan dari PAN, Anis Matta dari Partai Gelora, Kaesang Pangarep dari PSI, dan Yusril Ihza Mahendra dari PBB.

Pendukung pasangan ini mengenakan atribut dari partai masing-masing dan membawa bendera, baik yang berukuran sedang maupun besar. Di antara mereka juga ada relawan dari berbagai organisasi masyarakat, termasuk kalangan pencak silat.

Beberapa tokoh parpol juga sudah ada di KPU sebelumnya, berjalan kaki menuju tempat tersebut, seperti Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Dedi Mulyadi, dan Ahamd Dhani serta tokoh lainnya.

Sebelum mendaftar di Kantor KPU di Jakarta, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bertemu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, pada pukul 07:30 WIB. Selanjutnya, pada pukul 08:00 WIB, pasangan ini bersama ketua umum partai politik dari KIM berangkat menuju Hall Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK) untuk bertemu dengan para relawan.

Rombongan Prabowo-Gibran, anggota partai koalisi, dan relawan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Taman Suropati pada pukul 09:00 WIB.

Setengah jam kemudian, rombongan dijadwalkan akan bergerak menuju Kantor KPU dengan diiringi parade atau kirab budaya.

Diketahui, KPU telah menetapkan masa pendaftaran pasangan calon presiden/wakil presiden untuk Pemilu 2024 mulai tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023. Dua pasangan lainnya, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah mendaftarkan diri terlebih dahulu ke KPU, Kamis (19/10/2023).

KPU akan menetapkan pasangan calon presiden/wakil presiden sebagai peserta Pemilu 2024 pada 13 November 2024. Keesokan harinya, KPU akan melakukan undian dan menetapkan nomor urut pasangan calon.

Masa kampanye dijadwalkan akan berlangsung mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah itu, mulai tanggal 11 hingga 13 Februari 2024 akan dimulai masa tenang, diikuti oleh pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


(B1)

#Prabowo-Gibran #pilpres2024 #KPU #Politik #PendaftaranCapres2024