Breaking News

Tottenham vs Liverpool: Badan Wasit Inggris Sebut Gol Luis Diaz Seharusnya Sah

Luis Diaz

D'On, Inggris,-
Badan yang bertanggung jawab dalam perwasitan di Inggris, Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) mengakui bahwa keputusan untuk menganulir gol Luis Diaz saat Liverpool kalah 1-2 di kandang Tottenham adalah kesalahan manusia yang signifikan.

Dalam pertandingan Sabtu (30/9/2023) ini, The Reds mengalami kekalahan pertana mereka musim ini. Namun, hasilnya mungkin akan lain jika gol yang dilesakkan Luis Diaz setelah memanfaatkan sodoran Mohamed Salah tidak dianulir. 

Saat skor masih imbang tanpa gol dan The Reds hanya bermain dengan 10 orang, gol Diaz dianulir oleh VAR yang menganggap pemain asal Kolombia itu offside sebelum menjebol gawang Tottenham. 

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan sesaat sebelum peluit akhir berbunyi, “PGMOL mengakui kesalahan manusia yang signifikan terjadi selama paruh pertama Tottenham Hotspur v Liverpool."

“Gol Luiz Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya mengakibatkan gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR. Namun, VAR gagal menyatakan gol itu sah," kata pernyataan itu lagi.

“PGMOL akan melakukan peninjauan menyeluruh terhadap keadaan yang menyebabkan kesalahan tersebut.

PGMOL juga menyatakan akan segera menghubungi Liverpool di akhir pertandingan untuk mengetahui kesalahan tersebut.

The Reds--yang bermain dengan sembilan pemain setelah Curtis Jones dan Diogo Jota mendapat kartu merah--dikalahkan ketika Joel Matip menjebol gawang sendiri setelah membelokkan umpan silang Pedro Porro dan membuat kiper Allison mati langkah.

Setelah pertandingan, manajer Liverpool Jurgen Klopp tetap menahan diri dalam bereaksi terhadap pernyataan tersebut. "Saya pikir kita tidak perlu membicarakan hal itu terlalu banyak karena itu tidak membantu sama sekali," kata pelatih asal Jerman itu.

"Wolves mendapat pernyataan serupa, atau permintaan maaf. Mereka tidak mendapatkan satu poin pun melawan Man United dan kami tidak akan mendapatkan satu poin hari ini jadi itu tidak membantu," imbuhnya.

Klopp menegaskan tidak ada seorang pun yang melakukan kesalahan dengan sengaja. Dia pun memaklumi jika wasit membuat kesalahan.


(*)

#LigaInggris #Sepakbola #Olahraga #Liverpool