Breaking News

Usai Diperiksa sebagai Tersangka, Sekjen Kementan Pakai Rompi Oranye KPK

Sekjen Kementan jadi tersangka korupsi

D'On, Jakarta,-
Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono (KS) resmi ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada hari ini, Rabu (11/10/2023). Kasdi merupakan salah satu tersangka kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementan.

Pantauan di lokasi, Kasdi tampak mengenakan rompi tahanan KPK berwarna oranye dengan tangan diborgol usai diperiksa sebagai tersangka. Kasdi digiring oleh petugas ke ruang konferensi pers di Gedung KPK untuk diumumkan penahanannya ke publik. Kasdi terlihat memakai baju batik motif cokelat tua dan bermasker putih sembari berjalan tertunduk.

Untuk diketahui, Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan) Kasdi Subagyono diperiksa tim penyidik KPK sebanyak dua kali. Pertama, ia diperiksa sebagai saksi pada Selasa (10/10/2023), kemarin. Kemudian, ia kembali diperiksa pada hari ini dalam kapasitasnya sebagai tersangka.

Belakangan, KPK memang telah meningkatkan status penyelidikan terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan ke tahap penyidikan. Dugaan korupsi yang sudah naik ke penyidikan tersebut dikabarkan terkait suap promosi jabatan.

Sejalan dengan itu, KPK dikabarkan juga telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Adapun, ketiga tersangka tersebut yakni, mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono; serta Direktur Alat Mesin Pertanian, Muhammad Hatta. Merek diduga menerima upeti dari promosi jabatan di lingkungan Kementan.

Proses penyidikan tersebut ditandai dengan adanya penggeledahan di sejumlah lokasi. Sejumlah lokasi yang telah digeledah di antaranya, rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V Nomor 28, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kemudian, rumah pribadi SYL di Makassar, hingga ruang kerja di Kementan. Dari sejumlah lokasi tersebut, KPK mengamankan sejumlah barang-barang yang diduga berkaitan dengan penyidikan perkara ini.

(wal)

#KPK #SekjenKementanDitahan #Korupsi #KorupsiKementan