Breaking News

2 Jurnalis TV di Aceh Diintimidasi Pengawal Ketua KPK

PWI, AJI, dan IJTI mengecam tindakan pengawal Ketua KPK Firli Bahuri yang diduga melakukan intimidasi kepada dua jurnalis saat melakukan peliputan, Jumat, 10 November 2023

D'On, Banda Aceh (Aceh),-
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Ikatan Jurnalis Televisi Independen (IJTI)  mengecam tindakan pengawal Ketua KPK Firli Bahuri yang diduga melakukan intimidasi kepada dua jurnalis saat melakukan peliputan kegiatan pimpinan rasuah tersebut.

Intimidasi tersebut menimpa jurnalis Kompas TV dan Kompas.com Raja Umar, serta wartawan Puja TV Nurmala.

"Kami mengutuk keras kejadian atau perilaku anggota polisi pengawal Firli Bahuri yang telah mengintimidasi terhadap kedua wartawan tersebut. Kami juga meminta Mabes Polri memberi pemahaman kepada seluruh jajaran untuk menghormati kerja-kerja jurnalistik," tegas Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin, seperti dikutip dari Antara, Jumat (10/11/2023).

Didampingi Ketua AJI Banda Aceh Juli Amin dan Ketua IJTI Aceh Munir Noer, Nasir Nurdin mengatakan pemaksaan penghapusan foto dan video tersebut merupakan upaya menghalangi kerja-kerja jurnalistik sebagaimana diatur Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kejadian intimidasi itu terjadi saat kedua jurnalis tersebut melakukan peliputan pertemuan Firli Bahuri dengan sejumlah pimpinan media di bawah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Aceh di Sekretariat Bersama (Sekber) Wartawan di Banda Aceh pada Kamis (9/11/2023) malam.

Umar (40 tahun) wartawan Kompas TV mengaku dirinya didatangi oleh seseorang yang mengaku polisi, mengenakan pakaian bebas agar tidak mengambil foto atau video kegiatan tersebut. Umar juga diminta untuk menghapus foto pertemuan ketua KPK di Banda Aceh.

Sebelumnya, Umar mengaku sudah memperlihatkan ID card pers dan meminta waktu untuk mewawancarai Ketua KPK Farli Bahuri selama kunjungan kerja di Aceh.

Insiden yang sama juga menimpa Nurmala, wartawan Puja TV. Dia juga dipaksa untuk menghapus foto dan video kunjungan kerja Firli Bahuri di Banda Aceh.


(B1)

#IntimidasiJurnalis #Jurnalis #FirliBahuri #PengawalFirliBahuriIntimidasiJurnalis #BandaAceh