Breaking News

6 Fitnah yang Menyebar Menjelang Hari Kiamat

Ilustrasi manusia menyebarkan fitnah

Dirgantaraonline.co.id,-
Melalui berbagai hadis, Rasulullah SAW telah memberi peringatan mengenai tanda-tanda yang akan muncul menjelang hari akhir atau kiamat. Salah satu di antaranya adalah penyebaran fitnah yang merajalela, khususnya terhadap umat Islam.

Fitnah dalam konteks ini merujuk pada perkataan bohong tanpa dasar yang disebarkan dengan tujuan menjelek-jelekan. Dalam pandangan Islam, fitnah memiliki beragam makna, dan dalam konteks kiamat, fitnah dapat berupa ujian dan musibah yang menimpa seluruh manusia, termasuk umat Muslim.

Penting untuk diingat fitnah ini berasal dari Allah SWT dengan tujuan membersihkan jiwa hamba-Nya, bukan untuk menyiksa atau menyakiti mereka. Berikut ini enam fitnah yang menyebar menjelang hari kiamat, yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (17/11/2023).

Orang-Orang Mengingkari Aturan Syar'i
Pada akhir zaman, banyak orang akan melanggar aturan syariat dan dengan berani menjual akhirat serta urusan agama mereka demi kepentingan dunia. Rasulullah SAW bersabda:

"Menjelang Kiamat, akan muncul fitnah-fitnah seperti potongan-potongan malam yang pekat. Kala itu, seseorang menjadi mukmin pada pagi hari, tetapi berbalik menjadi kafir pada sore harinya, menjadi mukmin di sore hari, tetapi berbalik menjadi kafir pada pagi harinya. Ia menjual harta bendanya dengan secuil harta duniawi." (HR Tirmidzi)

Terpecahnya Kaum Muslimin
Salah satu fitnah di akhir zaman adalah perpecahan di kalangan kaum Muslimin menjelang hari kiamat. Ibnu Hajar al Asqalani mengatakan:

"Fitnah pertama telah muncul dari arah timur. Hal itulah yang merupakan penyebab berpecah belahnya kaum Muslimin. Dari arah tersebut, yakni Irak, telah muncul kelompok Khawarij, Faridhah, Bathiniyah, Qadariyah, Jahmiyah, Mu'tazilah, Jabariyah, dan lain-lain."

Selanjutnya dalam riwayat Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya, fitnah itu berasal dari sini, beliau mengisyaratkan tangannya ke arah timur, dari arah tanduk setan muncul." (HR Muslim)

Manusia Menginginkan Mati 
Fitnah lainnya yang akan terjadi di akhir zaman, yaitu ketika banyak manusia yang ingin mengakhiri hidupnya karena masalah atau ujian yang menimpa dirinya.

Abu Hurairah RA mengatakan, Rasulullah SAW bersabda: "Kiamat tidak akan datang sampai ada seorang laki-laki melewati kuburan seseorang lalu ia berkata alangkah baiknya sekiranya aku menepati tempatnya." (HR Ibnu Hibban)

Banyak Al Haraj
Kemudian, akan muncul Al-Haraj, yaitu ujian atau godaan di akhir zaman menjelang hari kiamat. Para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah itu al haraj?". Rasulullah menjelaskan, "Itu adalah pembunuhan, namun bukan terhadap orang-orang musyrik. Melainkan, kalian akan saling membunuh hingga seseorang membunuh tetangganya, saudaranya, pamannya, dan anak pamannya."

Para sahabat kembali bertanya, "Apakah pada saat itu kami masih punya akal sehat?" Rasulullah SAW menjawab, "Sesungguhnya, akal seseorang pada zaman itu akan dicabut dan digantikan oleh manusia-manusia bodoh. Kebanyakan dari mereka itu benar, tetapi sebenarnya tidak."

Tersebar Luasnya Kebodohan
Abdullah bin Mas'ud dan Abu al Asy'ari mengatakan Rasulullah SAW bersabda:
"Sungguh, menjelang kiamat ada masa-masa di mana kebodohan diturunkan dan ilmu diangkat serta banyak terjadi al-haraj (pembunuhan)." (HR Bukhari dan Muslim)

Munculnya Dajjal
Cobaan terbesar bagi umat Muslim sebelum datangnya hari kiamat adalah munculnya Dajjal sebagai fitnah terhebat di muka bumi.

"Semenjak Allah menciptakan keturunan Adam hingga hari kiamat nanti, tidak ada fitnah yang lebih besar di muka bumi ini dibandingkan fitnah Dajjal.” (HR Muslim) 


(Rini)

#HariKiamat #TandaHariKiamat #FitnahMenjelangHariKiamat #Global #Islami