Breaking News

Akun Gmail Dihapus Mulai Bulan Depan, Jutaan Akun Terdampak dan Cara Mengeceknya

Ilustrasi Gmail

Dirgantaraonline.co.id,-
Google akan mulai menghapus jutaan akun Gmail, Drive, dan Foto bulan depan sebagai bagian dari pembaruan besar pada platform tersebut. Penghapusan ini akan memengaruhi semua akun Google pribadi yang tidak aktif selama setidaknya dua tahun, dengan gmail, doc, worksheet, foto, dan video semuanya akan dihapus secara permanen.

Kebijakan ini diperkenalkan awal tahun ini dan mulai berlaku pada Desember 2023.

"Kami sedang memperbarui kebijakan ketidakaktifan untuk akun Google menjadi dua tahun di semua produk kami," kata Ruth Kricheli, Wakil Presiden Manajemen Produk Google dalam postingannya pada Mei, dikutip dari Telegraph, Kamis (9/11/2023).

"Pembaruan ini mengharmonisasi kebijakan kami dengan standar industri seputar retensi dan penghapusan akun, dan juga membatasi waktu penyimpanan informasi pribadi yang tidak digunakan oleh Google," tambahnya.

Langkah ini bertujuan untuk melindungi pengguna Google aktif dari ancaman keamanan seperti penipuan phishing dan pembajakan akun. Akun lama yang tidak digunakan selama bertahun-tahun biasanya rentan terhadap peretas karena mereka mungkin menggunakan kata sandi yang sama dan telah dikompromi oleh peretas, yang mudah ditemukan di web gelap.

Google mengatakan bahwa setiap akun yang berisiko dihapus akan menerima "pemberitahuan berulang" sebelum tindakan diambil, dengan memberikan peringatan melalui email terkait.

Perusahaan teknologi raksasa ini sudah mulai mengirimkan email kepada mereka yang terkena dampak, memberi tahu pengguna bahwa untuk melindungi informasi pribadi dan mencegah akses yang tidak sah ke akun, termasuk ketikan pengguna tidak lagi menggunakan layanan Google.

Dihapusnya akses ke akun Gmail juga berpotensi mencegah orang dari menggunakan platform dan layanan online lain yang terkait dengan alamat email tersebut, termasuk ke produk yang tidak terkait dengan Google.

Untuk menjaga agar akun tetap aktif dan menghindari penghapusan, pengguna Google disarankan untuk membuka atau mengirim email, menggunakan Google Drive, mengunduh aplikasi di Google Play Store, atau melakukan pencarian Google sederhana saat masuk ke akun. Akun yang telah mengunggah video ke YouTube juga tidak akan terkena dampak, terlepas dari kapan terakhir kali aktif.


(Rini)

#Gmail #Google #GmailDihapus