Breaking News

Doa agar Tidak Dendam Saat Disakiti Orang Lain

Ilustrasi berdoa

Dirgantaraonline.co.id,-
Ketika merasa disakiti oleh orang lain, terkadang muncul keinginan untuk membalas dendam. Menurut ajaran Islam, menyakiti orang lain adalah perbuatan tercela. Islam mengajarkan untuk tidak membalas dendam.

Allah SWT memerintahkan umatnya bersabar dan berserah diri ketika disakiti orang lain. Jika sedang tersakiti salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan berdoa. Karena doa orang tersakiti akan diijabah oleh Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “tiga orang yang doanya tidak tertolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, dan doa orang yang terzalimi, Allah akan mengangkatnya di bawah naungan awan pada hari kiamat, pintu-pintu langit akan dibukakan untuknya seraya berfirman: Demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski setelah beberapa saat.” (HR Tirmidzi).

Ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar tidak menyimpan dendam dan mampu menjalani kehidupan dengan ketenangan hati. Doa-doa ini juga mengajarkan untuk bersikap baik sebagaimana diajarkan dalam Al-Qur’an dan hadis. Berikut doa tidak dendam saat disakiti orang lain.

Doa memohon ketenangan

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsan bika muthmainnatan tukminu biliqaaika wa tardha bi qadhaika wa taqna’u bi ‘athaika.

Artinya: "Ya Allah aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Doa memohon pertolongan

حَسْبِيَ اللهُ لِدِيْنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِيَ اللهُ لِمَا اَهَمَّنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَاعَلَيَّ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كَادَنِيْ بِسُوْءٍ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ

Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu liddunya ya hasbi allahu liman ahammani hasbiyallahu liman bagaa alayya hasbi allahu liman kaadani bi suu i wa laa haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya:  "Cukuplah Allah (penolong) bagi agamaku, cukuplah Allah (penolong) bagi duniaku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap sesuatu yang menyusahkanku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap orang yang menganiayaku, cukuplah Allah (penolong) ku terhadap orang yang ingin berbuat jahat kepadaku, tak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah.”


(Rini)

#Doa #DoaHarian #Islami #Religi #global #gayahidup #lifestyle