Breaking News

Firli Bahuri Bantah Pernah Bertemu Syahrul Yasin Limpo di Rumah Kertanegara

Firli Bahuri Berbicara dengan Syahrul Yasin Limpo di Hall Badminton 

D'On, Jakarta,-
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah pernah bertemu dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di rumah Kertanegara nomor 46, Jakarta Selatan.

"Saya pastikan saya tidak pernah ketemu dia (SYL) di sana. Namun nanti Anda akan lihat sendiri," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/11/2023).

Firli menyampaikan, banyak pihak yang mengatakan dirinya bertemu di sejumlah lokasi, salah satunya di Perguran Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). "Pernah banyak yang ngomong ketemu di PTIK, ketemu di mana lagi.  Seingat saya tidak, tetapi kalau Anda tanya apakah betul ketemu di lapangan bulu tangkis, pasti ada," pungkas Firli.

Firli membantah menerima uang dari SYL melalui ajudannya. Pasalnya, saat itu ajudannya tengah terserang Covid-19. 

"Apakah betul ada ajudan saya yang menerima uang dari ajudannya SYL, pasti tidak ada. Kenapa tidak ada? Tidak pernah ada ajudan saya di saat itu karena ajudan saya Covid-19, bagaimana dikatakan menerima sesuatu? Itu bukan pertemuan. Dia datang sendiri ketika saya main bulu tangkis. Oke clear saya kira, terima kasih," tambahnya.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan harapannya agar dugaan pemerasan yang dialaminya oleh pimpinan KPK dapat diusut dengan baik. Dugaan pemerasan ini sekarang tengah diselidiki oleh Polda Metro Jaya. "(Harapannya) semua harus berjalan dengan baik," kata SYL setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Sebelumnya, kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo memasuki tahap penyidikan. Proses penyidikan dilakukan seusai pihak kepolisian melakukan gelar perkara 6 Oktober 2023 lalu.

Hingga saat ini, puluhan saksi telah diperiksa terkait kasus tersebut, seperti ajudan Firli Bahuri, pegawai KPK, pegawai Kementan, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar hingga saksi ahli, Saut Situmorang dan M Jasin maupun pakar mikro-ekspresi.

Rencana pemeriksaan terhadap Firli tidak berjalan mulus.  Polda Metro Jaya terpaksa  menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Firli. Ketua KPK ini seharusnya menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan SYL pekan lalu. Namun, Firli mangkir dengan alasan sedang dinas ke luar kota.


(B1)

#FirliBahuri #SyahrulYasinLimpo #KPK #KasusPemerasanSYL #SYL